Wali Kota Medan Lepas Peserta lomba lari Medan 10k dan 5k

16

HORASNEWS.COM-Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H melepas peserta lomba lari Medan 10k dan 5k, Minggu (09/12). Mengambil start dan finish di jalan Balai Kota, lapangan merdeka sebanyak 2.850 peserta mengikuti perhelatan lomba lari yang rutin digelar Pemko Medan setiap tahunnya.

Turut mendampingi Wali Kota, Dandim 02/01 BS Kol Inf Yuda Rismansyah, Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, mewakili Kapolrestabes Medan dan Kapolres Belawan, dan Kadispora Kota Medan Drs. Marah Husin, SH.

Kegiatan rutin tahuhan yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga ini menarik perhatian masyarakat. Sejak Subuh, para peserta yang berasal dari Medan dan Luar Kota Medan ini diantaranya, Aceh, Riau dan Bangka Belitung, sudah berkumpul di lokasi start guna mengikuti lomba yang memperebutkan Piala Walikota Medan dan hadiah uang total sebesar Rp169 juta ini.

Ketika melepas Start Walikota Medan melakukan pelepasan sebanyak dua kali. Pertama untuk peserta lomba lari kategori umum sepanjang 10 Km Umum dan 10 K Pelajar dan kedua untuk peserta kategori pelajar sepanjang 5 Km Pelajar. Rute yang dilalui peserta kategori umum yakni berawal dari Jalan Balaikota-Puri Hijau-Guru Patimpus-Kapt. Maulana Lubis- Candi Mendut, Imam Bonjol-A Yani-Balaikota.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Medan mengatakan, perlombaan Lomba lari Medan 10k dan 5k ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk gemar berolah raga khususnya lari. Artinya dengan kegemaran berolah raga, diharapkan mewujudkan Medan yang sehat dan kuat. Selain itu event ini juga sebagai sarana memperkenalkan Kota Medan, sebab para peserta bukan hanya berasal dari Kota Medan.

“Kita harapkan agar olahraga lari menjadi kian membudaya di kehidupan masyarakat. Artinya lari merupakan olahraga yang tidak berat, sehingga seluruh masyarakat dapat melakukan olahraga tersebut guna mendapatkan kesehatan”, Kata Wali Kota

Selanjutnya Wali Kota berharap event ini dapat ditahun depan dapat mendatangkan peserta yang lebih banyak lagi tidak hanya dari Indonesia juga dari luar negeri. Sehingga Kota Medan yang merupakan kota atlet dapat lebih dikenal.

Sebelumnya, Kadispora Drs. Marah Husin, mengungkapkan, peserta Lomba lari Medan 10k dan 5k ini berjumlah 2.850 peserta, yang berasal dari Medan dan Sumatera Utara. Selain itu terdapat juga peserta yang dari provinsi lain seperti, Aceh, Riau, dan Bangka Belitung. Tentunya melalui perhelatan ini akan semakin menjadikan Medan sebagai Kota Atlet.

Selanjutnya, Wali Kota Medan bersama unsur Forkominda Kota Medan membagikan hadiah kepada para pemenang lomba lari 10k dan 5k. Keluar sebagai pemenang 10k Umum Putra, Welman Pasaribu dari Kodam I/BB, Elisar K, dari Provinsi Riau dan Robi dari Bangka Belitung. Untuk 10k Umum Putri, Pretty Sihite, dari Sibolga, Agustina Manik, Asahan dan Rosima Simbolon, dari Tapanuli Selatan.

Sementara itu pemenang untuk kategori 5k pelajar Putri, Halimatus Syakdiah dari SMA mulia Medan, Rahel Sitorus, SMPN3 Medan, Linda Ika Putri, SMA 2 Medan. Sedangkan untuk kategori 5k Putra, Laudrup Rafael Sinaga, SMA Medan Putri, Rivaldo Purba, SMP Methodist 8 dan M Fahrurrozi dari SMA 15 Medan.

Kemudian Wali Kota Medan juga menarik Kupon Undian Lucky draw dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang beruntung berupa Sepeda dan hadiah menarik lainnya.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan