Wali Kota Ajak Masyarakat Marelan Makmurkan Masjid

17

HORASNEWS.COM-Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin S, M.Si., MH meresmikan Masjid Al Falah Jalan Palem Indah LK XII Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, Jumat (16/8). Diharapkan masjid ini nantinya bukan hanya sebagai sarana tempat beribadah saja, tetapi juga sebagai sarana dalam memberikan pendidikan non formal yang dapat memberi dampak positif khususnya kepada generasi muda Islam.

Terlihat warga satu persatu berdatangan untuk menunaikan Shalat Jumat di masjid tersebut. Shalat Jumat ini merupakan Shalat Jumat perdana yang di laksanakan di Masjid Al Falah tersebut, yang berarti masjid kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan seluruh umat muslim di Kelurahan Rengas Pulau Medan Marelan ini.

Peresmian Masjid Al Falah ditandai dengan penarikan tirai penutup nama masjid oleh Kabag Agama Kota Medan didampingi Camat Medan Marelan Muhammad Yunus. Sebelum meresmikan masjid, Adlan terlebih dahulu melaksanakan Shalat Jumat di masjid tersebut bersama warga setempat dengan khusyuk dan penuh khidmat.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota yang dibacakan Kabag Agama Kota Medan Adlan, mengungkapkan, membangun sebuah masjid hingga tegak berdiri dengan megah dan indah bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun yang lebih sulit sebenarnya adalah bagaimana memakmurkan masjid tersebut ketika telah berdiri kokoh membangun pondasi iman dan Islam di wilayah ini.

“Perjuangan dan kerja keras badan kemakmuran masjid serta seluruh warga masyarakat di sekitar Masjid Al Falah, hari ini bisa kita lihat telah berbuah manis,” ungkap Kabag Agama.

Adlan mengatakan, sebelumnya masjid ini merupakan mushallah, namun antusias masyarakat setempat yang selalu ramai shalat ditempat tersebut sehingga mushallah tersebut direnovasi dan diperbesar kemudian di jadikan masjid seperti saat ini. Selain menampung jumlah jamaah yang makin banyak, tempat tersebut juga dapat dipergunakan untuk menunaikan Shalat Jumat.

“Al Falah yang dahulunya hanyalah berupa mushola, kini telah naik taraf menjadi sebuah masjid yang lebih besar dan lebih indah. Semua ini bisa terwujud berkat sumbangsih para dermawan yang rela memberikan sebagian harta benda dan tenaganya demi kemaslahatan umat muslim di wilayah ini,” kata Adlan.

Dalam kesempatan ini Adlan berharap Masjid Al Falah ini harus mampu berfungsi sebagaimana masjid-masjid lainnya, yang nantinya mampu menjelma menjadi pusat kemaslahatan umat, bahkan kini kinerja BKM masjid tersebut kerap dijadikan acuan oleh masjid-masjid lain di tanah air dalam upaya memakmurkan masjid.

“Umat muslim Medan Marelan di sekitar Mesjid Al Falah harus mampu menunjukkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil-alamin yang mampu menyandingkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap menjaga iman dan taqwa. Umat yang menjadikan Al Quran dan Hadist sebagai tuntunan hidup, dan masjid sebagai rumah utama dari segala aktivias kehidupannya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua BKM Al Falah Sumadi mengucaokan terima kasih atas kehadiran para jamaah. Disamping itu, Sumadi mengatakan sebelumnya masjid tersebut adalah sebuah mushalla. Namun, berkat bantuan dari berbagai pihak akhirnya kini Masjid Alfalah dapat berdiri kokoh. ‘’Kami ucapkan terima kasih karena telah datang melaksnakan Shalat Jumat serta ikut meramaikan peresmian Masjid Al Falah ini. Akhirnya di wilayah kami ini, dapat berdiri sebuah masjid yang bisa kami gunakan untuk beribadah dengan lebih khusyuk dan khidmat,’’ ucapnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan