Wako Medan: Pengusaha Kuliner Hasilkan Sajian Lezat Juga Sehat

7

HORASNEWS.COM-Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H mengharapkan agar pelaku usaha kuliner dapat menghasilkan sajian yang lezat, tanpa menggunakan penyedap agar kesehatan konsumen tetap terjaga.

Harapan ini disampaikannya saat membuka Festival Kuliner Medan Tahun 2019, Jumat (20/9) sore di Lapangan Merdeka. Perhelatan ini berlangsung mulai 20 sampai 22 September ini diramaikan 92 stand kuliner serta 10 unit food truck.

“Makanan yang lezat dan sehat, bebas dari penyedap. Inilah yang harus kita kembangkan,” ucap Wali Kota yang dalam pembukaan itu melakukan pemotongan nasi tumpeng.

Wali Kota mengungkapkan, dunia kuliner, terutama di Kota Medan kini semakin berkembang. Seiring perkembangan zaman, adanya nilai seni dalam dunia kuliner membuat makanan tidak lagi sekedar sebagai pemenuhan kebutuhan pokok, juga merupakan bagian dari gaya hidup.

Saat ini, lanjut Wali Kota, semakin marak kuliner kekinian dengan cita rasa baru diciptakan tangan-tangan kreatif di bidang kuliner.

“Tentunya ini harus menjadi motivasi bagi kita semua untuk dapat mengolah bahan-bahan makanan atau masakan tradisional menjadi hidangan yang lebih kekinian,” ungkapnya dalam acara yang dihadiri antara lain oleh Pimpinan Sementara DPRD Medan, Hasyim, S,E, segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat, dan para pengurus TP PKK Medan, dan segenap pelaku usaha kuliner itu.

Keragaman etnis dan kultural yang dimiliki Medan, sebut Wali Kota, harus menjadi kebanggaan. Sebab, kemajemukan yang ada menjadi bagian dari kekuatan untuk bergerak dan maju. Disamping itu kemajemukan yang ada membuat Kota Medan memiliki warna tersendiri dan menguatkan satu sama lain.

“Yang menggembirakan lagi, kemajemukan itu membuat Kota Medan memiliki aneka kuliner dengan memiliki dua rasa yakni enak dan enak sekali yang menghiasi sudut kota. Keanekaragaman kuliner ini tentunya menjadi kekayaan warga Kota Medan dan harus kita kembangkan sebagai ikon pariwisata Kota Medan kedepannya,” ungkapnya.

Wali Kota berharap Festival dapat menyemarakkan dunia kuliner di ibu kota Sumut ini. Tidak hanya makanan tradisional tetapi juga jajanan maupun penganan kekinian. Apalagi festival kuliner ini sudah menjadi agenda sehingga rutin digelar setiap tahun. “Event ini harus menjadi dorongan agar orang Medan dapat menciptakan rend masakan modern dengan cira rasa lokal,” harap Wali Kota.

Wali Kota juga ingin Festival Kuliner ini semakin mempromosikan kuliner yang ada sehingga semakin mengukuhkan Kota Medan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Tanah Air.

“arenanya pelaku usaha kuliner diharapkan terus berkreasi sehingga menghasilkan makanan dan jajanan berkualitas dan sehat dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya,” ucap Wali Kota yang usai membuka acara itu melakukan peninjauan ke stand-stand Festival Kuliner itu.

Dalam Festival Kuliner ini, selain sajian aneka makanan dan jajanan khas Kota Medan, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah hiburan. Tidak hanya menyaksikan tarian dari berbagai etnis yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara, pengunjung juga akan dihibur dengan sejumlah band Kota Medan.

Yang menarik lagi ada pertunjukan battle antara chef Kota Medan dengan chef nasional Vindy Lee. Selain itu panitia juga akan memberikan give away kepada 500 orang pendaftar pertama makan gratis.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan