Wakil Presiden Resmikan Asrama UNP dan Unand

104

HORASNEWS.COM-Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan hadiah juara kompetisi kewirausahaan tingkat mahasiswa perguruan tinggi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi “Minang Entrepreneurship Award II”. Total hadiah yang diperebutkan awak mahasiswa ini mencapai Rp300 juta.

Penyerahan ini berlangsung di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (3/9/2019). Hadir Gubernru Sumbar Irwan Prayitno, para rektor se-Sumbar, Kepulauan Riau, Jambi dan Riau.

Ajang ini merupakan upaya memupuk jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Minang Entrepreneurship Award berawal dari gagasan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mendorong mahasiswa menjadi wirausaha ketimbang pegawai negeri.

Dari 37 perguruan tinggi yang ikut terdiri atas 11 perguruan tinggi negeri dan 26 swasta dengan 259 proposal yang diterima panitia.

Dari 259 proposal tersebut terseleksi sebanyak 46 eksisting bisnis dan 160 usaha rintisan.

Sedangkan Minang Entrepreneurship Award I digelar pada 2017 melibatkan enam perguruan tinggi negeri dan 13 perguruan tinggi swasta.

Rektor UNP Ganefri menyampaikan ke depan Minang Entrepreneurship Award juga akan dilembagakan secara permanen sebagai salah satu lembaga non profit yang ikut mendorong tumbuhnya ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi para mahasiswa untuk menciptakan onivasi-inovasi baru. Jusuf Kalla juga meresmikan pemakaian asrama UNP dan Unand. (red)