Trik Menghadapi Hari Belanja Online Nasional Bukalapak

10

HORASNEWS.COM-Harbolnas bukalapak memang datang setahun sekali tetapi tidak tepat jika semua anggaran belanja rumah tangga dialokasikan untuk berbelanja barang yang hanya berfungsi sebagai koleksi dan bukan kebutuhan sehari-hari. Jika tertarik promo buy 1 get 1 pilihlah produk yang memang sedang dibutuhkan atau bisa dijual kembali.

Merespon Hari Belanja Online

Para pecinta belanja online pasti menunggu Hari Belanja Online Nasional 12 Desember mendatang. Diprediksi tahun 2018 ini Hari Belanja Online Nasional alias Harbolnas akan dimeriahkan lebih dari 250 e-commerce. Harbolnas dikenal sebagai hari obral toko online nasional.

Di periode yang sangat terbatas tersebut mereka yang hobi belanja atau memang sedang membutuhkan barang pasti sangat menantikan Harbolnas menggema. Kira-kira situasinya mirip lomba lari sprint. Para atlet berjajar di garis batas start menanti peluit dibunyikan. Lalu berlomba menemukan produk-produk yang sudah diincar.

Harbolnas adalah hari promo belanja online nasional. 12 Desember dipastikan berbagai e-commerce menawarkan promo, diskon, harga obral, potongan harga khusus untuk pembelian kedua atau kelipatannya, promo bebas ongkos kirim, hadiah khusus untuk pembelian tertentu dan berbagai macam promo lainnya. Bagi yang sedang membutuhkan produk tertentu tetapi dana pas-pasan tentu promo potongan harga akan sangat membantu.

Harbolnas Bukalapak memberi kesempatan untuk menghemat uang belanja, tapi bisa juga menjadi celah untuk bangkrut karena lapar mata. Untung atau buntung tergantung pada pribadi yang menyikapinya. Orang cerdas memanfaatkan harbolnas sebagai sarana menekan pengeluaran, barang yang harusnya dibeli dengan harga sekian bisa diperoleh dengan potongan harga sekian.

Mereka yang berinsting bisnis bisa memperhitungkan produk mana yang sekiranya bisa dijual kembali secara offline sehingga mendatangkan keuntungan. Tetapi bagi yang memperturutkan hawa nafsu belanja bisa menyesal kemudian. Hanya karena tertarik potongan harga hampir semua barang dimasukkan troli belanja. Saat menerima barang di rumah baru tersadar sebenarnya tidak terlalu membutuhkannya padahal sudah menguras uang tabungan.

Tips Hemat Anggaran Belanja di Harbolnas Bukalapak

Belanja juga perlu perencanaan. Ahli belanja mungkin akan menyarankan untuk tidak fokus pada satu jenis promo atau satu jenis barang. Selain itu tips hemat anggaran belanja berikut ini bisa menjadi cara yang patut diperhitungkan:

  1. Cermat

Jauh-jauh hari cermati produk incaran yang bisa saja ditawarkan dengan promo menggiurkan ketika Harbolnas tiba. Catat harga jual normal pada hari biasa dan bandingkan ketika ditawarkan dengan iming-iming diskon di tanggal 12 Desember, tanggal berlangsungnya Harbolnas. Hindari terjebak kata “diskon” dengan presentase angka potongan menggiurkan padahal harga jual normalnya ternyata jauh lebih murah.

  1. Bandingkan dan hitung kembali berbagai promo yang ditawarkan

Tidak semua promo menawarkan potongan harga secara langsung. Bisa juga penawaran promo berupa potongan harga untuk pembelian berikutnya. Lakukan survey kecil-kecilan di sekitar lingkungan pergaulan barangkali ada yang sedang membutuhkan barang yang sama.

Sehingga ketika Harbolnas Bukalapak efektif berlangsung kita bisa membeli produk tersebut untuk dijual kembali pada yang membutuhkan dengan harga sedikit lebih murah dari harga jual normal.

  1. Alokasikan anggaran dan tepati rancangan belanjanya

Anggaran belanja di Harbolnas Bukalapak perlu disiapkan. Tepati rancangan belanjanya dan jangan melebihi anggaran. Jika perlu isi ATM dipindahkan ke rekening tabungan utama dan menyisakan sejumlah angka yang sesuai dengan anggaran belanja khusus Harbolnas.

Sudah siap menyambut Harbolnas Bukalapak? Matangkan perencanaan dan belanjakan sesuai anggaran. Jangan sampai menyesal kemudian.(relis)