Tarif Penerbangan Mahal, Pemilik Bus AKAP Kebanjiran Penumpang

1198

HORASNEWS.COM-Fluktuatifnya tarif penerbangan membuat pengusaha Bus Antar Kota Antas Provinsi (AKAP) di Sumatra Barat meraih untuk besar. Menurut Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar Budi Syukur, para pemilik bus mengalami kenaikan penumpang lebih 100 persen dari hari-hari biasa.

Salah satu penjual jasa transportasi angkutan darat Antar Kota Antar Prosinsi (AKAP) NPM di Kota Padang, Sumatra Barat, akhir-akhir ini kebanjiran penumpang hendak ke luar Sumbar.

Kenaikan penumpang ini pasca tingginya harga tiket pesawat sejak menjelang natal 2018 dan tahun baru 2019. Biasanya armada ini hanya menerjunkan satu bus ke pulau Jawa, kali ini sudah mencapai dua bus per harinya.

Hal sama dengan pengusaha bus lainnya, seperti SAN, ANS dan Antar Lintas Sumatra (ALS), Lorena, Family Raya, Gumarang Jaya dan Transport.

“Organda Sumbar mendukung penerapan harga tiket ideal untuk penerbangan domestik minimal Rp1 juta (one way) agar angkutan bus kembali bisa berkembang,” Ketua Organda Sumbar Budi Syukur, di Padang, Rabu (16/1/2019) siang.

Ketua Organda Sumbar, Budi Syukur

Menurut Budi, selama ini, penumpang bus seakan-akan dibajak oleh pesawat karena perbedaan harga tiket yang tipis. Sekarang harga tiket melonjak tinggi, tidak mau juga karena bisa mematikan pengusaha maskapai.

Budi Syukur mengakui dalam dua bulan terakhir usaha angkutan bus Padang-Jakarta dan Padang-Medan kembali “bergairah” karena jumlah penumpang yang meningkat cukup signifikan.

“Data Organda untuk masing-masing PO yang biasanya hanya memberangkatkan satu bus sehari, sekarang bisa memberangkatkan tiga hingga empat bus untuk jurusan Padang-Jakarta dan Padang-Medan. Ini dampak positifnya, tapi disatu sisi kita tidak ingin maskapai penerbangan menjerit sendiri. Makanya kita minta harga tiket itu yang ideal,” tegas Budi.

Di Sumbar ada 200 armada AKAP siap melayani penumpang yang hendak keluar dan masuk ke Sumatra Barat.

Bus yang melayani jurusan Padang-Jakarta saat ini diantaranya PO. NPM, ANS, Lorena, Family Raya dan Gumarang Jaya dengan harga tiket antara Rp 350-400 ribu per orang.

Sementara hingga Rabu (16/1/2019), harga tiket penerbangan ke Jakarta dari Padang masih di atas Rp 1 juta, tergantung maskapai.(red)