Suara Partai Nasdem Melonjak Tinggi di Pemilu 2019

742

HORASNEWS.COM-Partai NasDem optimistis meraih suara minimal 10% dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang berlangsung 17 April 2019.  Berdasarkan hasil sementara hitung cepat beberapa lembaga survei, NasDem menempati urutan ke 5 hingga 4 dengan perolehan suara 9% – 10%.

Ketua DPP Partai NasDem Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Willy Aditya mengungkapkan, berkaca pada Pileg 2014 suara real count NasDem memiliki selisih lebih besar 1% hingga 2% dari hasil hitung cepat. Hal tersebut dipercaya akan kembali terulang pada Pileg 2019.

“Hitung cepat kita kan sudah di atas angka 9% lebih. Tentu kita harapkan real countnya lebih dari ini. Berkaca dari Pileg 2014 kita optimistis mampu meraih suara di atas 10 persen,” kata Willy saat ditemui di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (17/4).

Sebagai partai yang baru menginjak usia 7 tahun, Willy mengaku bersyukur NasDem mampu meningkatkan perolehan suara Pileg dari 6,7% pada Pileg 2014 menjadi minimal 10% di Pileg 2019. Meskipun diakui, perolehan suara berdasarkan hitung cepat itu belum sesuai dengan target nasional yang telah ditetapkan NasDem.

“Untuk hasil pileg kita patut bersyukur walaupun ini belum sesuai ekspektasi Partai NasDem. Tapi alhamdulilah kita bisa di presentase angka dua digit,” paparnya.

Dengan perolehan suara double digit, NasDem diprediksi akan berada di posisi ke 4 atau ke 5 dari 9 partai yang lolos ambang batas parlemen. NasDem juga berpeluang mendapatkan sekitar 70 kursi DPR-RI. Willy menuturkan, dengan hasil tersebut, NasDem juga berkemungkinan besar memiliki perwakilan sebagai pimpinan di parlemen.

“Kita hitung sekitar 70 kursi, karena orientasi pemenangan kita berbasis kursi di setiap dapil. Suatu hal yang patut kita syukuri walau pun pelan tapi pasti gerakan perubahan ini mendapat mandat dari rakyat,” papar Willy.

Untuk memastikan perolehan suara NasDem hingga proses penghitungan resmi dari KPU, Willy menjelaskan DPP Partai NasDem telah menginstrusikan seluruh elemen dan jajarannya seperti Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Komando Pemenangan Wilayah (Kompemwil), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), caleg, dan saksi-saki untuk betul-betul mengawal suara NasDem.

Willy mengatakan, poin penting bagi NasDem di Pileg 2019 bukan hanya terletak pada strategi perolehan suara nasional, namun, NasDem juga memiliki strategi suara per dapil. Lewat hasil pemantauan yang didapat sejauh ini, NasDem optimistis bisa mengamankan satu kursi parlemen di setiap dapil.

“Kami berharap kursi Partai NasDem mengalami peningkatan yang signifikan khususnya di luar Jawa,” kata Sekretaris Bappilu Partai NasDem itu. (Uta/partainasdem.id)