STM Halak Hita Kota Padang Terbentuk

1155

HORASNEWS.COM-Perantau asal Sumatra Utara yang berdomisisi di Kota Padang, Sumatra Barat, membentuk Serikat Tolong Menolong (STM) Halak Hita Kota Padang. Menurut Ketua STM Halak Hita Kota Padang, Panusunan Lubis, organisasi ini sifatnya sosial untuk ummat.

Pembentukan Serikat Tolong Menolong (STM) Halak Hita Kota Padang, Sumatra Barat berlangsung di kedai Sutan Sahril Hasibuan (Ucok), di Rimbo Tarok, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumbar, Sabtu ( 20/07/2019) malam.

Pembentukan diawali dengan pemilihan pengurus dua tahun ke depan. Secara aklamasi dan musyawarah, Panusunan Lubis, menjadi Ketua STM Halak Hita Kota Padang. Panusunan dibantu Sekretaris Bonar Harahap dan Bendahara Sutan Sahril.

Selain pengurus inti, STM Halak Hita ini juga dilengkapi masing-masing Kordinator Wilayah (Korwil) di 11 kecamatan di Kota Padang. “Puluhan perantau asal Sumatra Utara terlibat dalam pembentukan ini,” ujar Panusunan Lubis.

Setelah ditetapkan pengurus membawa organisasi sosial ini, dilanjutkan dengan penetapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Latar belakang pendirian ini, kata Panusunan, untuk mempererat tali silaturrahmi warga Padang yang berasal dari Sumatra Utara. Di Kota Padang ada 20 organisasi atau perkumpulan warga asal Sumut.

“Kita mencoba mengakomodir Halak Hita di Kota Padang untuk saling silaturrahmi dan beramal bersama,” kata Panusunan.

STM ini, kata Panusunan, tidak ada arisan. Setiap keluarga anggota (anak, istri, suami, mertua dan orang tua) meninggal dunia diberikan sumbangan kematian.

Masing-masing anggota dipungut Rp 20 ribu dan langsung diserahkan 100 persen ke keluarga meninggal.

Selain memberikan sumbangan kepada keluarga meningga, anggota STM ini juga turut melaksanakan proses penyelenggaraan jenazah hingga takziah.

Program ke depan, selain mengakomodir para Halak Hita di Kota Padang, pengurus dan anggota mencoba berusaha maksimal agar mobil Ambulance dan Tanah Pemakaman Halak Hita di Kota Padang terwujud.

Selama ini, keluarga Halak Hita yang meninggal dibawa ke kampung halaman dan biayanya cukup mahal. Jika dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Padang tidak sedikit biaya yang dikeluarkan.

“Kita akan mencoba mendapatkan mobil ambulance dan tanah pemakaman Halak Hita ada di Kota Padang tanpa memungut biaya kepada anggota,” tambah Bonar Harahap.

Bagi warga Kota Padang asal Sumut yang ingin berminat masuk ikut menjadi anggota bisa mengisi formulir yang disediakan dan menghubungi HP/ WA: 0812-6717-645, 0812-6643-4616/ 0852-6346-8975. Atau datang ke alamat Sekretariat:   Rimbo Tarok (Kedai Ucok Hsb), Kel Kuranji, Kota Padang, Sumbar. (rel)