Sijago Merah Mengamuk di Kota Padang, Ini Akibatnya

2684
Kebakaran di CUbadak Air, Kelurahan Lubik Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumbar. (Foto: WA / BPBD Padang)

HORASNEWS.COM-Kebakaran landa kawasan padat penduduk di Cubadak Air, Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp 500 rupiah. Seluruh isi empat unit rumah habis dilalap sijago merah, termasuk tiga unit sepeda motor.

Menurut saksi mata, kobaran api menghantam tiga empat rumah di Cubadak Air, Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat ini, terjadi pukul 12.10 Waktu Indonesia Barat (Wib), Minggu (26/5/2019).

Saat menyaksikan rumahnya terbakar, para pemilik rumah berusaha mengevakuasi barang-barang dalam rumah. Ada beberapa pemilik rumah histeris dan pingsan ditengah menyaksikan proses pemadaman sijago merah dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

Kepala Operasi Dinas Pemadan Kebakaran Kota Padang Basril mengatakan, pihaknya mengarahkan delapan mobil pemadam kebakaran ke lokasi. “Ada yang ditarik dari Belimbing dan Indarung untuk mempercepat proses pemadaman sehingga tidak menjalar ke rumah lain,” ujarnya di lokasi.

Pihak pemadam mengalami kesulitan menjinakkan api karena angin kencang dan cuaca panas disertai bahan bangunan terbakar kebanyakan dari kayu.

“Padatnya pemukiman penduduk di lokasi dan susahnya mendapatkan air  membuat kendala untuk menjinakkan api. Api baru bisa dijinakkan satu jam kemudian,” ujarnya.

Sumber api belum diketahui, tetapi kata Basril, saat kebakaran aliran listrik masih hidup. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian mencapai Rp 500 juta. Selain pakaian pemilik rumah, ada tiga unit sepeda motor ikut terbakar.

Pihak kepolisian Kota Padang masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.(rel)