Sebanyak 65 Anggota DPRD Sumbar Dilantik

39

HORASNEWS.COM-Sebanyak 65 anggota DPRD Sumatra Barat, periode 2019-2024 resmi dilantik. Ada tiga orang diantaranya mantan kepala daerah dan tiga orang unsur perempuan.

Pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Sumbar berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, Rabu (28/8/2019) pagi. Hadir Gubernur Sumbar Irwan Prayinto, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pimpinan partai politik.

Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Husni Rizal melantik para anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024. Pengambilan sumpah jabatan ini berlangsung khusuk dan khikmat.

Selesai pengucapan sumpah dan janji dilanjutkan dengan pemasangan “Tuah Sakato”, yaitu lambang daerah Provinsi Sumatera Barat.

Koalisasi partai pendukung Capres 02, Prabowo-Sandi menguasai kursi DPRD tersebut diantaranya, 44 orang berasal dari koalisasi 02. Masing-masing, 14 dari Partai Gerindra, sementara PKS, PAN dan Demokrat masing-masing menempatkan 10 wakilnya.

Sedangkan dari partai koalisasi pendukung Capres 01, hanya ada 5 partai saja yang lolos menempatkan wakilnya. Yakni, Partai Golkar 8 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem, PDI-P dan PKB masing-masing mendapatkan 3 kursi.

Pimpinan sementara DPRD dipegang oleh Desrio Putra dari Partai Gerindra dan Irsyad Syafar dari PKS.

Dari 65 anggota DPRD Sumbar, tiga orang mantan kepala daerah di Sumatera Barat. Masing-masing, Ismet Amzis mantan Wali Kota Bukittinggi, Irzal Ilyas mantan Wali Kota Solok dan Beny Utama mantan Bupati Pasaman.

Sementara dari unsur perempuan hanya tiga orang, masing-masing, Mesra dari Partai Gerindra, Sitti Izzati Aziz Partai Golkar dan Leli Arni dari PDI Perjuangan. (red)