SD 04 Bukittinggi Wakili Sumbar Lomba Gugus Depan Unggul Festival Penggalang Ceria Nasional

30

HORASNEWS.COM- Kita sangat merasa bangga dan senang gugus pramuka SD 04 Birugo Bukittinggi dapat mewakili Sumbar pada Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tahun 2019. Kami meminta para kakak pengasuh ini agar disiplin serta selalu menjaga kesehatan untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan selalu beri motivasi agar mental adik-adik kita kuat berjuang, bekerja dan bersaing sehat secara nasional.

Disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit yang juga Ketua Kwarda 03 Sumatera Barat pada saat Pelepasan kontingen Sumbar menuju Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria Tahun 2019 tingkat Nasional di rumah diaman Raden Saleh, Minggu pagi (8/9/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Harian dan Pengurus Ka Kwarda 03 Sumatera Barat serta orang tua peserta.

Ketua Kwarda 03 Sumbar Nasrul Abit lebih lanjut menyampaikan, kegiatan pramuka merupakan pendidikan karakter mempersiapkan calon pemimpin yang bersahabat dengan alam, sosial kemasyarakatan melatih telorasi, kebersamaan, jaga persatuan dan semangat kegotong royongan.

“Adik-adik mesti bangga jadi pramuka yang berdikari berbuat kebaikan antar sesama sebagai calon pemimpin masa datang. Berusahalah jadi yang terbaik dalam sekolah, lingkungan dan hormati orang tua dan guru-guru mu. Teruslah belajar dengan baik dan bangun kepercaya diri, karena masa depan negeri ini ada dipundak mu”, ujar Nasrul Abit

Ketua Kwarda Sumbar juga katakan, dalam waktu dekat akan diadakan deklarasi bersama tolak tegas prilaku penyimpangan sex (LGBT) dan penyalahgunaan narkoba di Sumatera Barat.

“Pramuka bersama elemen masyarakat Sumbar dan adik-adik semua di harapkan nanti jadi pelopor dan pejuang memberantas prilaku penyakit masyarakat (Pekat), sek menyimpang (LGBT) dan narkoba di Sumatera Barat”, himbaunya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Nasrul Abit Dt. Malintang Panai selaku ka kwarda juga menyerahkan sedikit bekal kepada adik pramuka untuk mengikuti kegiatan nasional ini.

Kegiatan Festival Penggalang Ceria tingkat Nasional sudah yang ke empat dilaksanakanan, pertama Kegiatan ini dilaksanakan di Bali yang di ikuti gugus SD 34 Koto Tangah (Padang) pada tahun 2016 dan pada saat itu kita mendapatkan rangking 9 terbaik se Indonesia.

Tahun berikutnya diikuti oleh gugus pramuka SD 10 Sungai Sapih (Padang) pada tahun 2017 dan kita mendapat peringkat 10 se Indonesia.

Pada tahun 2018 diwakili oleh gugus pramuka SD 04 Kota Payakumbuh dan pada saat itu kita peringkat 8 dan untuk tahun ini diikuti oleh gugus pramuka SD 04 Birugo Kota Bukittinggi dengan jumlah kontingen sumbar sebanyak 21 orang.

Festival Penggalang Ceria Tahun 2019 tingkat Nasional di Grand Mulya Resort dan Hotel, Sentul, Bogor Jawa Barat. Dilaksankan tgl 8 – 13 September 2019