Ribuan KTP-e Tercecer di Kota Pariaman

13

HORASNEWS.COM-Ribuan keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik tercecer di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatra Barat. Menurut Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, KTP -e ini berasal dari Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Padang Pariaman.

Sebelum dibawa ke kantor polisi,  seribuan KTP elektronik ini ditemukan Zainal Arifin (75 tahun) di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatra Barat, pukul 17.00 Wib, Selasa (11/12/2018).

KTP elektronik ini ditemukan disemak semak tempat pembuangan sampah warga. KTP yang terbungkus dalam dua kantong plastik diamankan polisi, setelah adanya laporan dari masarakat , tentang penemuan ktp.

KTP elektronik ini yang beralamatkan Kabupaten Padang Pariaman ini , ada yang masih berlaku seumur huidup dan ada yang sudah habis masa berlakunya.

Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengatakan, berdasarkan penyelidikan ktp ini dikeluarkan Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman. “Seribuan keping ktp elektronik tersebut tidak ditemukan untuk penyalahgunaan kepentingan politik,” ujarnya.

Sepertinya ini murni keteledoran dari pegawai Disdukcapil, karena rumah tempat penemuan e-ktp itu tidak jauh dari kantor Disdukcapil Padang Pariaman.

Sementara itu, Kepala disdukcapil Padang Pariaman Fadly menyebut e-ktp tersebut diduga tercecer oleh anak buahnya. Dia juga mengklaim e-ktp yang sudah habis masa berlakunya.

KTP ektronik tersebut telah ditarik dari pemegangnya karena tidak lagi berlaku atau sudah mati.

Pihaknya akan melakukan koreksi dan penulusuran terkait penyebab ktp elektronik yang telah ditarik dari pemegangnya bisa tercecer di pekarangan rumah warga. (rafki)