Revitalisasi Pulau Cingkuak Bernuansa Portugis

154

HORASNEWS.COM-Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat akan merevitalisasi objek wisata pulau Cingkuak di Painan. Pemda akan menjadikan pulau seluas 4,5 hektar itu, menjadi objek wisata bernuansa Portugis. Pulau Cingkuak, dulunya merupakan benteng Portugis, kemudian menjadi pusat perdagangan rempah oleh V-O-C.

Pulau Cingkuak terletak di Painan kabupaten Pesisir Selatan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari pantai Carocok Painan. Untuk sampai ke pulau cingkuak, kita mesti naik perahu yang sudah siap sedia untuk membawa wisatawan. Ongkosnya, Rp 20.000 perorang untuk pulang pergi.

Tak sampai lima menit naik perahu, kita sudah tiba di pulau Cingkuak. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih di sebelah timurnya, sementara di sebelah barat memiliki pantai dengan terumbu karang.

Menurut sejarah, pulau Cingkuak dulunya merupakan benteng Portugis. Sisa-sisa benteng yang terbuat dari batu tersebut, kini masih bisa kita temukan. Di dalam kawasan benteng ini, kita juga bisa menemukan makam, tempat berkuburnya sejumlah bangsawan Portugis, seperti yang ditulis diatas prasasti makam itu.

Menurut sejarawan, pulau Cingkuak lebih terkenal sebagai sentra perdagangan lada oleh V-O-C pada zaman penjajahan Belanda.

“Ada banyak literasi soal Pulau Cingkuak pada masa VOC, pentingnya Pulau Cingkuak sebagai sentra perdagangan lada pada masa VOC, yang sekarang disebut-sebut benteng, itu sebenarnya kantor dagang, sebagai markasnya selain di Padang, ada di pulau Cingkuak,” kata Doktor Lindayanti M.Hum, dosen sejarah Unand.

Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan, berencana akan merevitalisasi kawasan wisata pulau Cingkuak ini. Rencananya, tahun ini juga, pemda akan menjadikan pulau Cingkuak sebagai objek wisata bernuansa Portugis.

“Pulau Cingkuak sudah direstui oleh KemenPUPR ada sekitar Rp 15 Milyar yang akan kita bangun disitu, nuansanya semua Portugis, dengan adanya nuansa Portugis, insya Allah orang nanti akan berkunjung ke Pesisir Selatan,” ucap Hendrajoni, bupati Pesisir Selatan.

Saat ini, wisatawan yang datang ke pulau Cingkuak, bisa menikmati sejumlah wahana permainan. Selain mandi-mandi air laut, wisatawan juga bisa menikmati berenang ditemani ikan-ikan karang yang cantik.(art)