Ratusan Rumah Terendam di Solok

38

HORASNEWS.COM-Ratusan rumah di kenagarian Selayo kecamatan Kubung kabupaten Solok, Selasa pagi (18/02/2020) direndam banjir. Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan sejak senin malam yang mengakibatkan meluapnya sungai batang Lembang. Banjir mengakibatkan aktifitas pelajar menjadi terganggu.

Luapan sungai Lembang yang terjadi akibat hujan lebat yang turun sejak senin malam, merendam ratusan rumah dan jalan-jalan di jorong Galanggang Tangah nagari Selayo kecamatan Kubung kabupaten Solok. Menurut warga, air mulai naik dan merendam permukiman sejak pukul 05.00 pagi tadi. Hingga selasa siang, air masih menggenangi.

Warga berusaha menghalau air yang membawa sampah supaya tidak masuk kedalam rumah mereka. Saat ini, air merendam perkarangan rumah setinggi betis orang dewasa. Namun sebagian warga mengaku air sudah masuk ke dapur mereka.

“Hujan lebat tadi malam, sehingga air batang Lembang meluap, dan sejak pukul lima tadi air sudah naik. Ini saya menghalau sampah-sampah supaya tidak masuk kedalam rumah,” ujar Ari, warga Kubung.

Selain merendam permukiman, banjir juga menggenangi jalan. Ratusan pelajar SMA Negeri 1 Kubung kesulitan untuk sampai ke sekolah mereka, karena jalan menuju sekolah terendam banjir. Akibatnya, proses belajar mengajar di sekolah itu menjadi terganggu.(Gar)