Ragam Budaya Indonesia pada The 41ST International Fair of Tourism di Serbia

14

HORASNEWS.COM-Sektor pariwisata merupakan salah satu program dan kebijakan prioritas Pemerintah RI dengan target meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. KBRI Beograd sebagai perwakilan Pemerintah RI di Serbia dan Montenegro memiliki peranan penting dalam mewujudkan program prioritas tersebut dengan memanfaatkan Serbia yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata. Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata Serbia terus mengalami pertumbuhan positif dimana pada tahun 2018 mencapai pertumbuhan sebesar 11 persen atau sekitar 3 juta wisatawan yang berkunjung ke Serbia.

Sejalan dengan program kebijakan Pemerintah RI dan memanfaatkan potensi pariwisata Serbia sebagai hub bagi kepentingan pariwisata nasional, KBRI Beograd telah berpartisipasi pada 41st International Fair of Tourism yang berlangsung pada tanggal 21-24 Februari 2019 di Beograd, Serbia. Keikutsertaan Indonesia pada IFT 2019 juga merupakan upaya berkesinambungan untuk lebih memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia khususnya kepada publik dan travel agent/tour operator di Serbia yang mengikuti pameran tersebut.

Pada IFT 2019, booth Indonesia mengangkat tema “Discovering the Richness of Indonesia” dengan tujuan memperkenalkan keragaman kekayaan alam dan budaya serta produk dan paket wisata di berbagai destinasi wisata di Indonesia. Dalam booth seluas 66 meter persegi dihadirkan 2 travel agents yakni Asvinia Travel dan Jungle Tribe yang memberikan penjelasan langsung kepada potensial buyers mengenai paket-paket wisata menarik di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, tercatat sekitar 400 inquiries yang diterima booth Indonesia dengan potensi transaksi sekitar Euro 356.000 yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisatawan asal Serbia.

Selain memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia, keikutsertaan Indonesia pada IFT 2019 juga dimanfaatkan untuk mempromosikan produk mie instan “Indomie” dan kopi Indonesia. Indo Adriatic Industry, perusahaan Indonesia yang mengelola pabrik mie instan “Indomie” di Serbia, menyelenggarakan demo masak sebagai salah satu bentuk edukasi dan sosialisasi akan produk mie instan Indonesia yang mulai diminati oleh masyarakat setempat. Java Coffee, salah satu café terbesar di Beograd, turut mempromosikan berbagai kopi asal Indonesia diantaranya kopi Indonesia Java A/WP-1X Jampit Estate. Para pengunjung yang hadir juga dimanjakan dengan penampilan tari tradisional yang dibawakan tim tari KBRI Beograd, kuis interaktif mengenai Indonesia dan door prize berupa 2 (dua) tiket return Beograd-Denpasar dari Turkish Airlines yang akan memulai penerbangan langsung Istanbul-Denpasar pada bulan Juli 2019.

Keikutsertaan Indonesia dalam acara IFT dan berbagai kegiatan promosi pariwisata lainnya secara berkesinambungan tidak hanya menjadi cerminan keseriusan pemerintah dalam memperkenalkan destinasi wisata Indonesia, namun juga sebagai upaya untuk membangun citra dan reputasi pariwisata Indonesia di Serbia secara khusus dan Kawasan Balkan pada umumnya.(REL)

loading...