PWRI Sumbar Diminta Satukan Pensiunan PNS dan BUMN

101

HORASNEWS.COM- Wakil Gubernur Sumatera Barat meminta agar Pengurus Daerah Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Sumbar bisa mempersatukan seluruh pensiunan PNS dan pegawai BUMN di daerah tersebut.

Meski sudah memasuki masa pensiun, anggota organisasi diharapkan mampu berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan khususnya di dunia birokrasi dan sosial kemasyarakatan Sumbar.

“Berakhirnya pengabdian sebagai PNS, abdi negara dan abdi masyarakat, bukan berarti sudah tidak dapat lagi memberikan dharma bhaktinya kepada bangsa dan negara. Peran organisasi ini sangat penting sebagai pendamping dan pemimpin informal sebagai tempat bertanya dan teladan bagi masyarakat,” tutur Wagub.

Berbekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang dimiliki, Wagub yakin jika peran dan partisipasi aktif pengurus maupun anggota PWRI sangat dibutuhkan oleh pemerintah maupun masyarakat.

Persatuan PWRI adalah pemersatu dan kesatuan bagi pesiunan PNS yang memberikan kekompakan dalam pembangunan bangsa dan negara. PWRI adalah Rumah Idaman Kita, Tempat Bernaung dan beramal di hari tua.

“Oleh karena itu saya mendorong semua anggota PWRI tetap jadilah penyemangat dalam kehidupan bermasyarakat membangun daerah,” kata Nasrul Abit.

Wagub Sumbar berharap, organisasi PWRI merupakan anggotanya pesiunan PNS yang bisa menghadirkan program kerja yang realistis, murah dan harus bermanfaat bagi anggotanya.

“Jangan sampai pengalaman sebagai aparatur tidak bermanfaat untuk pembangunan, jadikan pertemuan ini sebagai silaturahmi dan bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah, untuk membangun Sumbar,” ungkap Nasrul Abit.

Sementara itu, Rusdi Lubis Ketua PWRI Sumbar mengharapkan silaturahmi dan komunikasi antar pensiunan dan pemerintah diharapkan dapat terus terjalin di masa yang akan datang dan selalu berkontribusi buat negara dan bangsa.

Selain itu, Rusdi Lubis yang juga mantan Sekda Provinsi Sumbar menjelaskan jumlah anggota PWRI di Sumbar diperkirakan sebanyak 100 ribu, sementara Kota padang ada 35 ribu orang.

“Untuk yang hadir saat ini ada 350 orang sesuai dengan undangan yang kami kirim, kegiatan ini sudah berlangsung yang ke empat kalinya, namun kali ini yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, untuk itu kami ucapkan terima kasih buat Nasrul Abit yang berkenan hadir saat ini,” ucap Rusdi Lubis.

Mantan Sekda Sumbar itu mengatakan, organisasi kemasyarakatan tingkat nasional, memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, selain itu organisasi ini   dapat menunda kepikunan, bahkan tetap menjaga otak bekerja dengan baik hingga usia 90 tahun ke atas.

“Ternyata organisasi, makin dibutuhkan untuk kita yang makin tua. Orang tua itu tidak boleh menyepi berdiam diri saja, otaknya akan mengecil, cepat pikun, untuk itu dengan berorganisasi ini otak kita akan bekerja terus dan bisa ditunda penyakit pikun, dengan cara berorganisasilah,” sambut Rusdi Lubis. (Rel)