Puluhan Disabilitas Ikuti Mitigasi Bencana di Padang

11

HORASNEWS.COM-Sebanyak 47 disabilitas di Kota Padang, Sumatra Barat mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat secara inklusif. Pelatihan ini agar meningkatkan kemandirian dari penyandang disalibitas dalam proses evakuasi saat terjadi bencana.

Penyandang disabilatas ini terdiri dari Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), Organisai Penyandang Disabilitas (OPEDIS), Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Gerakan Tuna Runggu Indonesia (GERGATIN) dan Himpunan Wanita Disabiltas Indonesia .

Mereka dilatih dalam peningkatan kapasitas pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat secara Inklusif selama dua hari oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, di hotel Whiz Prime Hotel, Selasa (2/10/2019).

“Pelatihan digelar untuk meningkatkan kemandirian dari penyandang disabilitas, yakni dalam dalam proses evakuasi saat terjadi bencana,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edy Hasymi.

Menurut  Edy, pelatihan yang diberikan BPBD ini karena semua orang pasti akan terdampak terhadap bencana jika terjadi, maka dari itu pelatihan ini sangat membantu sekali bagi teman teman disabilitas.

“Kita berharap nantinya, saat terjadi bencana mereka bisa mengevakuasi dirinya sendiri atau bahkan membantu orang lain,” jelasnya.

Musibah atau ujian bisa menghampiri siapa saja, termasuk para penyandang disabilitas, karena itu, mereka juga harus memiliki upaya untuk mengurangi atau meminimalisir risiko bencana.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut penting untuk mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas dan tidak bisa dipungkiri, selama ini penyandang disabilitas lebih banyak menjadi objek evakuasi.

Disela sela pelatihan, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Henry mengatakan, pelatihan yang diberikan kepada peserta berupa praktek seperti mendengarkan tanda dari bunyi,jalur evakuasi dan lain sebagainya.

“Ini hal baru yang diterapkan, jadi untuk ini butuh proses yang agak panjang dan pelatihan diberikan secara bertahap,” tambahnya.(MC Padang/Des).