Polda Sumbar Tangkap 7 Kilogram Sabu-sabu

99

HORASNEWS.COM-Kepolisian Daerah Sumatera Barat menyita 7 kilogram narkoba jenis sabu-sabu dari tangan bandar lintas provinsi. Menurut Direktur Resnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Makmun, kedua tersangka terancam hukuman mati.

Diresnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Makmun, didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Syamsi dan Wadiresnarkobar AKBP Rudy Yulianto, memaparkan hasil tangkapan 7 kilogram narkoba jenis sabu-sabu, di Kota Padang, Kamis (04/06/2019) siang.

Menurut Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Makmun, penangkapan sabu 7 kilogram ini terjadi di dua lokasi berbeda tanggal 1 Juli 2019.

Masing-masing tersangka, OF 27 tahun alamat Pakan Kurai RT 002 RW 005 Kelurahan Pakan Kurai, Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi.

Kemudian, JM 39 tahun, tinggal di RT 04 RW 002 Jalan Teratai Gang Sepakat, Kelurahan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Penangkapan itu kebetulan saja, awalnya polisi mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada yang membawa narkoba jenis sabu-sabu sebanyak dua kilogram di daerah Payakumbuh.

Pihaknya langsung mencari pengendara sepeda motor dengan ciri-ciri yang disebutkan oleh warga yang melaporkan itu.

“Saat kami berputar-putar menggunakan mobil, kami memang menemukan pengendara sepeda motor dengan ciri-ciri yang disebutkan itu,” lanjutnya.

Karena ciri-cirinya sesuai, ia langsung mencegat pengendara dan melakukan penggeledahan tas yang dibawa oleh tersangka.

“Saat kami lakukan penggeledahan, kami menemukan barang bukti sebanyak dua kilogram narkoba jenis sabu,” lanjutnya.

Setelah itu, ia langsung melakukan pengembangan terkait penangkapan tersebut ke daerah Kota Pekanbaru, Riau.

“Saat kami lakukan penangkapan terhadap tersangka OF (27), kami mendapatkan nama tersangka kedua yaitu JM (39) yang tinggal di Provinsi Riau,” lanjutnya.

Ia langsung melakukan pengembangan dan menemukan tersangka JM di rumahnya di Kelurahan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Saat kami amankan, tersangka tidak melakukan perlawanan dan langsung kami lakukan penggeledahan yang disaksikan oleh RT setempat,” lanjutnya.

Dari hasil penggeledahan, pihaknya mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sebanyak lima kilogram dan langsung menggiring kedua tersangka ke Mapolda Sumbar.

“Kedua tersangka akan diancam dengan pasal112 dan 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman maksimal hukuman mati,” tutupnya. (Red)