Petani Sumbar Dukung Presiden Jokowi Dua Periode

102

HORASNEWS.COM-Petani dari 19 kabupaten dan kota di Sumatra Barat mendeklarasikan mendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo –Ma’ruf Amin.  Mereka berjanji akan memenangkan Jokowi di Sumatra Barat dengan perolehan suara minimal 50 persen di Pilpres 17 April 2019.

Deklarasi dukungan terhadap  pasangan calon Presiden dan Wakil Presidan Jokowi-Ma’ruf Amin berlangsung di kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatra Barat, di Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Kamis (24/1/2019) pagi.

Mereka ini tergabung dalam Deklarasi Tim Petani Pemenangan Jokowi-Amin-SPI Sumbar (TPPJA- SPI Sumbar) berjumlah 30 orang. Selain pengurus SPI, deklarasi ini juga diikuti Pemuda Petani, Akar Rumput dan Perempuan Petani.

Ada tiga alasan mereka mendukung Jokowi dua periode.  Diantaranya, karena Jokowi ingin melanjutkan agenda perjuangan Serikat Petani Indonesia (SPI) yang telah dititipkan kepada Bapak Ir.Joko Widodo sejak tahun 2014 untuk dijalankan pada periode 2019-2024.

Kemudian, Jokowi masih berkomitmen untuk mewujudkan reforma agraria, kedaulatan pangan, hak asasi petani, koperasi petani dan agroekologi.

“Melanjutkan pola hubungan dan komunikasi yang telah terbangun dengan pemerintahan dibawah Joko Widodo untuk menjalankan agenda-agenda perjuangan SPI,” ujar Ketua DPW SPI Sumbar, Rustam Effendi.

Jokowi dinilai mendukung perjuangan SPI tentang  pengakuan atas Hak Asasi Petani dan Masyarakat yang bekerja di pedesaan melalui konvensi PBB yang disepakati dan ditanda tangani oleh 117 Negara di seluruh dunia.

Selain itu, kata Rustam, mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, sehingga semakin memiliki daya eksekusi dalam upaya distribusi lahan untuk petani-petani kecil.

“Jokow banyak membangun berbagai infrastruktur untuk meringkas rantai distribusi, memperbaiki fasilitas pertanian, mendukung pembangunan desa melalui dana desa yang mencapai 1,7-2 Milayar rupiah per-tahun. Kemudian, Jokowi mendukung pembangunan ekonomi petani dan masyarakat pinggir hutan melalui perhutanan social,” tambah Rustam Effendi.

Mereka berjanji akan memenangkan pasangan nomor urut satu Jokowi-Ma;ruf Amin minimal 50 persen perolehan suara pada Pilpres 17 April 2019 mendatang.(red)