Perantau Minang Mulai Padati Bandara Minangkabau

399

HORASNEWS.COM- PT Angkasa Pura II mendirikan Posko Angkutan Lebaran tahun 2019, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat.  Arus mudik mulai terlihat di bandara orang awak ini,  termasuk perantau Minang di beberapa kota di tanah air pulang kampung.

PT Angkasa Pura II mendirikan Posko Angkutan Lebaran tahun 2019 di terminal Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatra Barat, Rabu (29/05/2019).

Petugas Posko ini terdiri dari TNI Angkatan Udara, Angkatan Darat, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Otoritas Bandara dan PT AP II.

Posko ini bertujuan memberikan keamanan dan kenyamanan kepada penumpang sehingga selamat sampai ke kampung halaman.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Dwi Ananda Wicaksana mengatakan posko angkutan lebaran merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun menjelang lebaran.

“Posko Terpadu Angkutan Lebaran difungsikan mulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019,” jelas Dwi Ananda Wicaksana.

Ia juga menyampaikan keberadaan posko terpadu diharapkan mampu menjadi pusat koordinasi yang efektif sehingga arus mudik dan balik penumpang lancar dan tertib.

“Kami menugaskan pihak bandara dalam bentuk shift. Kemudian juga ada pihak Dinas Perhubungan yang didukung kepolisian dan TNI,” ujar Dwi Ananda Wicaksana.

Hingga hari ini, arus mudik di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai kelihatan peningkatan, meski masih relative kecil jika dibandingkan tahun lalu.

Saat ini sudah mencapai 7.500 penumpang turun dan naik di bandara ini. Jika bandingkan tahun lalu masih cukup kecil, karena tahun lalu mencapai 8.500 per hari di hari yang sama.

“Meski relative kecil, tetapi pada umumnya penumpang yang menggunakan jasa penerbangan ini para perantau Minang berada di sejumlah kota di tanah air. Mereka ingin menghabiskan lebarannya di kampung halaman bersama keluarga,” ujarnya.

Diperkirakan ada penambahan penerbangan 16 kali per gerakan per hari dari beberapa maskapai.(red)