Pengurus Besar Iklas Gelar Silaturrahmi Akbar

16

HORASNEWS.COM-Pengurus Besar Ikatan Keluarga Labuhanbatu Selatan (PB-Iklas), Sumatra Utara menggelar silaturahmi akbar masyarakat Kabupaten Labusel dan tepung tawar calon jemaah haji 1440 H asal Kabupaten Labusel.

Hadir Ketua Umum PB-Iklas, Rivai Nasution, Camat Kampungrakyat Wahdi Pohon, Kapolsek Kampungrakyat, Danramil Kampungrakyat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para calon jamaah haji dari lima kecamatan.

Puncak acara berlangsung di lapangan Teladan Tanjung Medan, Kecamatan Kampungrakyat, kemarin (7/7/2919).

Pada musim haji tahun ini, jumlah jamaah yang akan berangkat sebanyak 328 orang tergabung dalam kelompok terbang 15 Embarkasi Haji Medan.

Rivai Nasution mengatakan, tepung tawar atau upa-upa calon jamaah haji akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Menurutnya, selain untuk mempertahankan budaya dan memberikan semangat kepada para jamaah, kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi, khususnya masyarakat asal Kabupaten  Labusel di perantauan dengan warga di kampung halaman.

“Tahun lalu PB-Iklas melaksanakan di Kecamatan Torgamba dan tahun ini di Kec. Kampungrakyat. Pada 2020 rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Silangkitang,” katanya.

Rivai pun meminta Pemkab menggali dan melestarikan budaya asli daerah. Labusel kaya akan budaya dan adat-istiadat, namun belum tergarap secara maksimal.

“Kab. Labusel memiliki beragam budaya baik itu adat, kuliner, dan lainnya. Ini harus digali dan dilestarikan, sehingga mampu menjadi identitas daerah dan memperkaya khasanah budaya Tanah Air,” katanya.

Tepung tawar tersebut diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, pembagian cinderamata, dan tausiah agama yang disampaikan Ustad Husni Ritonga dari Kota Medan. Dalam tausiahnya, Husni mengangkat tema tentant “Nikmat Paling Bahagia adalah Bertemu Allah”.(rel)