Pendekatan ke Generasi Milenial Ala Caleg Elman

22

HORASNEWS.COM-Sebagai salah seorang instruktur, saya memberikan apresiasi kepada anak-anak muda di Wonosobo yang begitu tekun mengikuti pelatihan jurnalistik bagi generasi milenial yang diselenggarakan Elman Saragih, calon anggota legislatif (DPR-RI) NasDem dapil Jawa Tengah VI. Bersama timnya, Bang Elman, Kamis (29/11) mengadakan pelatihan jurnalistik yang diikuti 60 anak-anak muda di Wonosobo.

Saya bersama Kleden Suban (wartawan senior Media Indonesia) dan Didik Suryantoro (Metro TV dan ‘produser’ acara Ngopi Sore NasDem) diminta Bang Elman menjadi pelatih bagi anak-anak muda itu.

Jumlah 60 di luar target, sebab sebelumnya Bang Elman hanya menargetkan jumlah peserta maksimal 30-40 orang, sementara dari Jakarta Bang Elman hanya menyiapkan sertifikat 50 buah.

Para peserta — hampir semuanya anak-anak muda — beragam dari berbagai latar belakang. Ada yang masih berstatus mahasiswa, aktivis masjid, gereja, pekerja dan wartawan lokal.

“Miniatur” NasDem terlihat dari para peserta dan kepanitiaan kecil acara itu. Teknis penyelenggaraan dilakukan oleh dua organisasi yang berafiliasi ke komunitas Kristen dan Islam.

Oleh sebab itulah, para peserta generasi milenial yang mengikuti pelatihan itu ada Gusdurian dan anggota Majelis serta jemaat GKJ Wonosobo. Acara dibuka dengan doa dipimpin oleh seorang pendeta.

Para peserta mengikuti dengan tekun acara yang dipandu oleh moderator Haqqi El-Anshary. Haqqi adalah salah seorang pimpinan Banser Ansor dan dosen.

Acara dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 16.00. Sejak awal hingga selesai, mereka tekun mengikuti pelatihan. Mereka rupanya tertarik dengan ilmu jurnalistik dan ilmu media sosial yang kami perkenalkan.

Sebagai pelatih, kami tentu bangga melihat anak-anak muda begitu antusias belajar ilmu yang sebelumnya mungkin belum mereka kenal.

Saya mencatat sedikitnya ada 15 peserta bertanya. Jika tidak dibatasi, boleh jadi acara bisa molor hingga Magrib menjelang.

Pelatihan jurnalistik sehari itu tentunya bisa dijadikan medium bagi Bang Elman buntuk mendekati generasi milenial di Dapil Jateng VI yang selama ini mungkin belum disentuh, karena Bang Elman merasa sudah tua. Hehehehe. (www.partainasdem.id)