Pemkot Padang Launching Alat Deteksi Bencana Alam

18

HORASNEWS.COM-Pemerintah Kota Padang Sumbar saat ini memiliki alat peringatan dini bencana alam baik gempa, tsunami dan banjir yang langsung dilaunching oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah

Peralatan ini dipasang di delapan titik di Kota Padang. Alat sensor gempa misalnya dipasang di gedung antara lain di kantor Balaikota Kota Padang, rumah dinas walikota Padang, kantor pusdalops BPBD kota Padang dan satu lagi dipasang di rumah warga.

Sementara alat sensor banjir dipasang di tiga titik yaitu di Lubuk Sariak, Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, bendungan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah dan Bendungan Gunung Nago, Kecamatan Pauah.

Sedangkan, alat peringatan dini tsunami di pasang di Muaro Padang, Kecamatan Padang Barat. Alat peringatan dini tsunami berupa sensor untuk pendeteksi penurunan air terhadap potensi tsunami.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan Pemko Padang terus berupaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat, baik dalam bentuk sosialisasi maupun menambah peralatan dan memperbaharui.

Saat ini, Pemko Padang menambah peralatan dengan sistem baru berbasis aplikasi. Peralatan sensor yang terpasang dikelola langsung di Padang Command Center di Kantor Balaikota Kota Padang.

Sementara itu, Ketua Tim Bidang Hardware Patriot Net, Muhammad Ary Murti mengatakan perangkat ini  dipasang di Kota Padang adalah yang pertama di Indonesia.

Tingkat kerawanan terhadap bencana di Kota Padang adalah salah satu alasan kenapa dipasang di Kota Padang.

Alat ini berbasis aplikasi ini merupakan inovasi atau buatan sendiri dan akan terus diperbaharui dan dikembangkan ke depan.

Ke depan peralatan ini akan di sinergikan dengan peralatan yang dimiliki BMKG dan Pemko Padang sehingga lebih sempurna. (RED)