Pelaksanaan KKN Mahasiswa UIN IB Padang Sukses

50

HORASNEWS.COM-Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Sumatra Barat sukses. Masyarakat sangat terbantu dengan kehadirian para mahasiswa tersebut.

Mahasiswa KKN-PPM  angkatan 45 tahun 2019 diikuti 22 orang menggelar kegiatan di Nagari Pakan Rabaa Timur,  Kecamatan Parik Gadang Di Ateh, mulai 17 Juli – 22 Agustus 2019.  Mereka menyebar di empat Kejorongan.

Sekretaris Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Mulyadi mengatakan, sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa UIN Imam Bonjol.  Terutama untuk kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran, kegiatan remaja masjid, wirid pengajian, dan juga dalam rangka mempersiapkan kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019.

Selama ini, kata Mulyadi,  guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) sangat terbatas, tidak mempunyai buku panduan bahan ajar TPA. Mahasiswa KKN sangat akrab dengan masyarakat kami. Kami selaku Pemerintah Nagari dan masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur akan sangat sedih dan kehilangan ketika mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ini meninggalkan nagari kami dan kembali ke kampus.

Masrial, Sekretaris LP2M UIN Imam Bonjol menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemerintah Nagari Pakan Rabaa Timur dan masyarakatnya yang telah menerima dan memfasilitasi mahasiswa kami selama mengikuti program KKN-PPM.

“Harapan kami anak-anak kita di nagari ini ke depan dapat  belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah/Wustha (MDA/W) di samping mengikuti pelajaran di sekolah atau madrasah. Atau mengikuti program pesantren (mondok) di tingkat tsanawiyah dan setelah itu melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan sesuai dengan bakat dan minat siswa tersebut,” katanya, kemarin (14/8/19).(red)