Pasca Terbakar, Nasib Pedagang Pasar Lubuk Alung

31

HORASNEWS.COM-Pasca kebakaran pasar Lubuk Alung Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (11/7/2019) malam, Jumat pagi pemilik kios yang terbakar mengais barang-barang mereka. Mereka mencari barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan. kKbakaran yang melanda 142 petak kios tersebut, hanya menyisakan puing-puing saja.

Kebakaran yang melanda pasar Lubuk Alung, hanya menyisakan puing-puing yang berserakan. Sebanyak 142 petak kios yang ada di satu blok pasar ini, ludes beserta seluruh isinya. Tak banyak barang yang bisa diselamatkan pedagang, karena kobaran api begitu cepat melumat seluruh bangunan yang rata-rata terbuat dari kayu ini.

Jumat pagi, lokasi pasar ini diberi garis polisi agar tidak ada warga yang masuk. Sejumlah pemilik kios masih berupaya menyelamatkan barang-barang yang bisa dimanfaatkan. seperti yang dilakukan Yuliar, pengrajin peci hitam ini.

Kios beserta seluruh isinya, hangus jadi bara. mesin jahit satu-satunya yang belasan tahun untuk mencari nafkah, kini sudah gosong. yuliar berusaha mebersihkan mesin jahit ini, berharap bisa digunakan kembali.

Ia mengaku, menderita kerugian sekitar lima juta rupiah akibat kebakaran ini. Yuliar belum tahu bagaimana memulai kembali usahanya untuk menyambung hidup.

Kebakaran yang melanda pasar Lubuk Alung, terjadi kamis malam sektar pukul 21 wib. kobaran api sangat besar, melumat semua bangunan yang ada di satu blok pasar.

Setidaknya sepuluh unit mobil pemadam kebakaran diturunkan dari berbagai daerah. api baru bisa dipadamkan empat jam kemudian.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai milyaran rupiah.(red)