Pasca Penetapan Warisan Dunia Unesco, Sawahlunto akan Berbenah

27

SAWAHLUNTO- Upaya dalam mendukung warisan pertambangan batubara Ombilin Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia (heritage world), Pemerintah kota Sawahlunto berharap  Pemerintah  Provinsi Sumatera Barat membantu dengan pembenahan dan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata.

Hal ini disampaikan Walikota Sawahlunto Deri Asta disaat kunjungan Wakil Gubernur Sumatera barat Nasrul Abit ke kota ini, Rabu (17/7).

Deri Asta menyampaikan bahwa memang kota ini tidak bisa bergerak  sendiri untuk pengelolaan kota warisan budaya dunia ini, harus dengan didukung oleh Pemprov maupun Pemerintah Pusat.

“Memang kami di Sawahlunto yang bergerak terdepan, namun tentu semua  pihak semua unsur harus mendukung dan memback – up, maka kita koordinasi terus dengan Pemprov dan Kementerian – Kementerian terkait,”sebut Deri.

Menyikapi hal ini, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan tujuan kunjungan ini memantau kondisi terkini Sawahlunto pasca ditetapkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO. Bahkan,

pihaknya bergerak untuk mengupayakan agar sejumlah ruas jalan provinsi di Sawahlunto dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional.

Wagub menyatakan untuk pembenahan sekarang, itu jalan provinsi di Sawahlunto ini akan kita tambal, itu sudah masuk dalam anggaran pemeliharaan kita. Namun karena ini Sawahlunto statusnya sebagai world heritage juga mewakili Indonesia.

“Agar lebih bagus ke depannya, akan kita coba usulkan ke pusat agar naik status menjadi jalan nasional. Dan nantinya bisa dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) jalan ini dikelola,” sebut Wagub. (T.Sim)