Panglima Koopsau I Tinjau Kesiapsiagaan Bencana Alam di Padang

135

HORASNEWS.COM-Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo meninjau kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kota Padang, Sumatra Barat. Dia menekannya seluruh prajutir dan intansi terkait proaktif menangani bencana alam.

Apel gabungan latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau berlangsung di Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (20/06/2019) siang.

Juga hadir Komandan Kodiklat TNI, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dan Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho.

TNI Angkatan Udara menghadirkan dua pesawat dan satu helikopter untuk mendukung Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau tentang penanggulangan bencana di Padang.

Panglima komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, menyatakan gempa yang terjadi sekitar 10 tahun lalu menjadi alasan TNI AU untuk menjadikan Kota Padang tempat latihan Kesiapsiagaan Operasional Komando Operasi TNI-AU tentang penanggulangan bencana.

Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo (Foto: Horasnews.com)

Kota Padang dijadikan untuk tempat latihan karena mengingat bencana yang cukup besar pernah terjadi di Kota Bengkuang pada tahun 2009 lalu.

Ia menambahkan, kami melihat Kota Padang pernah mengalami kejadian bencana alam yang cukup dahsyat, makanya dijadikan tempat berlatih.

Menurutnya, untuk sarana dan prasarana dalam latihan tersebut telah disiapkan oleh pihak TNI dalam pelaksanaan latihan tersebut.

“Latihan ini ditujukan khususnya untuk Kops satu TNI AU dalam hal penanganan tanggap kesegeraan, kami akan melaksanakan inisiatif penanggulangan tahap awal,” lanjutnya.

Penanganan tahap awal dikatakan itu adalah pengambilan gambar dari udara dan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk proses yang bisa dibantu oleh TNI AU. (red)