Padang Dilanda Kekeringan, Warga Kesulitan Air Bersih

112
BPBD Kota Padang mendistribusikan air bersih ke rumah penduduk di Lubuk Kilangan. (foto: BPBD padang)

HORASNEWS.COM-Kota Padang, Sumatra Barat dilanda kekeringan dan akibatnya sejumlah daerah mengalami kekeringan. Warga saat ini mengalami kesulitan air bersin dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang terpaksa mendroping air bersih.

Warga di Kelurahan Batu Gadang, Tarantang dan Padan Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatra Barat, mengalami kekeringan. Puluhan warga di daerah ini mengalami krisis air bersin.

Hingga saat ini, sejumlah masyarakat mengeluhkan minimnya pasokan air bersih yang bisa mereka dapatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mulai bergerak untuk melakukan pendistribusian air bersih, dimuali di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Data dari BPBD Kota Padang, di wilayah itu, terdapat sekira 50 Kepala Keluarga (KK) mengalami kesulitan air bersih. Droping air bersih dilakukan siang dan malam hari.

“Iya, tadi pagi kami baru mulai mendistribusikan air bersih, hingga siang ini sudah trip ketiga. Satu trip membawa air sebanyak 5.000 liter, jadi sudah 15.000 liter. Tahap awal baru di Kelurahan Batu Gadang,” ujar Sutan Hendra .

BPBD Kota Padang menargetkan distribusi air bersih setiap harinya mencapai enam trip, atau sekira 30.000 liter air.

Pendistribusian air bersih tersebut, kata Sutan Hendra, juga dibantu BPBD Sumbar dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang.

“Pendistribusian secara mobile. Nanti, kami akan pindah dari satu kelurahan ke kelurahan lain. Akan dilaksanakan hingga situasi kembali normal, selagi masyarakat butuh air, akan kami distribusikan,” jelasnya. (red)