Objek Wisata Pantai Muara Lasak Dikikis Air Laut, Begini Jadinya

51

HORASNEWS.COM-Pantai Muaro Lasak, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat, terkikis. Setidaknya, sudah tujuh meter pantai idola warga ini menjadi laut. Pemkot Padang belum memberikan krip sebagai pemecah ombak.

Menurut warga, pengikisan bibir Pantai Muara Lasak, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat ini sudah tejadi sebulan belakangan. Hal ini disebabkan tingginya gelombang laut akhir-akhir ini, ditambah lagi kawasan ini tidak memiliki batu krip atau penghalang ombak.

Kikisan air laut ini memanjang hingga 500 meter dan lebar tujuh meter. Malah, dinding landasan tugu Merpati hampir ambruk dikikis air laut.

“Sudah tujuh meter daratan pantai ini dikikis air laut,” ujar Misrawati, pedagang makanan di Pantau Muara Lasak, kepada horasnews.com, Minggu (18/8/2019) pagi.

Meski tidak memakan korban jiwa, tetapi ratusan pedagang makanan di kawasan ini kehilangan pendapatan karena lahan di bibir pantai dikikis air.

Tingginya gelombang laut dan tidak bagusnya kawasan ini karena pasir menyempit ke badan jalan membuat pengunjung sepi. “Jika pengunjung sepi, kami tidak mendapatkan rezeki lagi,” tambah Misrawati.

Indrawadi, salah seorang pengunjung sangat prihatin dengan kikisan air laut ini. Dia berharap pemerintah Kota Padang atau Dinas PU PR bisa membangun pemecah ombak seperti membuat batu krip di bibir pantai.

“Kita berharap pemerintah bisa memperbaiki ini, sehingga tidak bertambah lebar kikisan air laut,” katanya. (red)