Nurdin-Husni Lolos Syarat Dukungan Perseorangan

306

HORASNEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatra Utara menggelar pleno penetapan syarat dukungan pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Labusel. Pasangan Nurdin Siregar-Husni Rizal dinilai memenuhi syarat dukungan untuk maju di Pilkada Labusel 2020, dari jalur perseorangan.

Hasil itu disampaikan dalam rapat pleno KPU Labusel rekapitulasi dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Labusel 2020, di Ballroom Hotel Grand Suma, Kota Pinang, Senin (20/7/2020).

Rapat itu dihadiri LO (tim penghubung) masing-masing bakal pasangan calon, komisioner Bawaslu, PPK, Badan Kesbangpol Pemkab Labusel, TNI, dan Polri.

Masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyampaikan hasil rekapitulasi verifiaksi factual selama ini. Diantaranya, Kecamatan Sungai Kanan, Silangkitang, Kampung Rakyat, Torgamba dan Kota Pinang.

Tiga pasangan calon yang mendaftarkan syarat dukungan ke KPUD Kabupaten Labusel. Masing-masing, Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar (NuRi), Maslin Pulungan-Fery Andikha Dalimunthe (Mari), dan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga (Mandiri).

Ketiga pasangan independen itu hanya pasnagan Nurdin-Husni (NuRi) memenuhi dukungan syarat menjadi calon perseorangan. Jumlah dukungan Nurdin Siregar-Husni Rizal Siregar dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 18.908 dukungan atau lebih dari batas minimal ditetapkan KPU Labusel.

Sedangkan Maslin Pulungan-Fery Andikha Dalimunthe yang MS 14.061 dukungan dan pasangan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga syarat dukungannya yang MS 16.494 dukungan. Kedunya belum sampai ke batas yang ditetapkan KPU sebanyak 18.893 dukungan.

“Tadi sudah digelar pleno rekapitulasi dukungan pasangan calon perseorangan. Hanya satu pasangan yang jumlah syarat dukungannya sesuai dengan jumlah syarat dukungan yang telah ditetapkan untuk mendaftar dari jalur perseorangan,” ungkap Ketua KPU Labusel, Efendi Pasaribu.

Meski demikian kata dia, bagi bakal pasangan calon yang jumlah syarat dukungannya kurang, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan yakni, pada 25-27 Juli 2020.

Pasangan Maslin Pulungan-Fery Andikha Dalimunthe terdapat kekurangan 4.829 dukungan, sehingga harus dilengkapi menjadi 9.658 dukungan.

Sedangkan pasangan Mangayat Jago Ritonga-Jon Abidin Ritonga masih kurang 2.399 dukungan dan harus melengkapi 4.798 dukungan.

Nurdin Siregar yang dimintai komentar terkait hasil ferivikasi faktual tersebut mengaku puas dengan kinerja petugas dan LO.

Dia pun berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada mereka dan mempertahankan dukungan tersebut.

“Hasil verifikasi ini semakin menguatkan komitmen kami untuk maju. Saat ini kami terus fokus melakukan konsolidasi kepada masyarakat,” tandasnya. (red)