Normalisasi Aliran Sungai di Padang Pariaman Segera

15
Kepala Balai BWS Sumatra V Maryadi Utama

HORASNEWS.COM-Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra  V, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menormalisasi lima aliran sungai di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat. Menurut Kepala BWS Sumatra V, Maryadi Utama, normalisasi itu dikerjakan awal tahun 2019.

Ada lima aliran sungai di Kabupaten Padang Pariaman , Sumatra Barat merusak lima jembatan penghubung antar provinsi dan kabupaten. Kerusakan jembatan tersebut mengakibatkan sektor perekonomian rakyat dan jalur transportasi terputus.

Salah satunya adalah jembatan sepanjang 30 meter di Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Jematan ini jebol dihantam banjir bandang seminggu lalu, sehingga akses dari kota Padang dan kota Bukittinggi terputus.

Selain itu, satu jembatan sepanjang 50 meter di kecamatan empat koto juga patah setelah dihantam aliran sungai. Sungai ini mengikis dan mengeruk pondasi jembatan sehingga patah.

Menurut Kepala BWS Sumatra V, Maryadi Utama, ada lima aliran sungai di Padang Pariaman segera dinormalisasi karena telah merusak jembatan. “Pengerjaannya akan dilakukan di awal tahun 2019,” ujarnya.

Tahap awal ini, kementerian pupr mengantisipasi adanya susulan pengerukan aliran sungai. Kajian darurat saat ini telah dilakukan. (red)