Musim Kemarau, Padang Krisis Air Bersih

25

HORASNESWS.COM-Musim kemarau, sebagian wilayah di  Kota Padang, Sumatra Barat mengalami krisis air bersih. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang terpaksa menyuplai air bersih puluhan ribu liter per hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatra Barat, mendistribusikan air bersih kepada ratusan kepala keluarga, di  Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (13/9/2019) malam.

Mobil tengki milik BPBD Kota Padang langsung diserbu para warga yang sudah lama menunggu di lokasi. Warga ini sudah mengalami krisis air bersih dua minggu lalu, karena air bersih yang mereka tampung dari pegunungan dan sumur mengalami kekeringan.

“Jika mencuci terpaksa di aliran batang Harau, karena sudah dua minggu sumur kami mengalami kekeringan,” ujar Rita Wati.

Selain di Kelurahan Seberang Padang, BPBD Kota Padang juga mendistribusikan air bersih di Kelurahan Tarantang, Kelurahan Padang Besi, Kelurahan Batu Gadang dan Kelurahan Beringin. Lokasi ini berada di pebukitan sehingga musim kemaru mengakibatkan sumur warga kering.

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, beberapa hari terakhir minimal BPBD Padang menyuplay lebih 20 ribu liter per hari. “Ada ratusan kepala keluarga di empat titik ini,” ujarnya.

Menurut Sutan, risis air yang dirasakan warga adalah puncak dari musim kemarau, ia juga memprediksi tiga hari kedepan Kota Padang tidak akan diguyur hujan.

“Krisis air ini adalah efek dari kemarau, saya dapat info dari BMKG bahwa tiga hari ke depan musim kemarau masih menyelimuti kota Padang,” ujarnya.

Sutan juga mengimbau kepada warga yang mengalami krisis air untuk menghubungi pihak BPBD agar pihaknya bisa menyuplai air ke wilayah yang membutuhkan air. (red)