Menteri PUPR Basuki Tinjau Jembatan Darurat di Padang Pariaman

45

HORASNEWS.COM-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jembatan darurat, jalan lintas sumatra di Kabupaten Padang Pariaman,  Sumatera Barat. Menurut Menteri, pembangunan jembatan darurat bisa dilalui dalam dua hari ke depan. sementara pembangunan jembatan permanen dimulai akhir Desember.

Pembangunan jembatan darurat di jalur lintas sumatra menghubung Kota Padang, Sumatra Barat dan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara ini sedang pengerjaan memasuk tahapan penyelesaian, Kamis (13/12/2018).

Kerangka panel jembatan sepanjang tiga puluh enam meter , sudah berhasil ditempatkan di lokasi jembatan lama yang ambruk, Senin lalu. Saat ini pekerja sedang memasang lantai baja dan bronjong di dasar jembatan.

Saat meninjau pengerjaan , Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan , dalam dua hari jembatan darurat sudah bisa dilewati kendaraan dengan bobot dua puluh ton.

“Selanjutnya akan dibangun jembatan kedua, sehingga akses bisa dua jalur. untuk pembangunan jembatan permanen  dan ditargetkan dimulai pada akhir desember dan selesai dalam jangka waktu enam bulan,” ujarnya.

Pembangunan diperkirakan menelan biaya lima belas milyar rupiah, dengan sistem penunjukan langsung.

Jembatan berlokasi di kayu tanam ini jalur penghubung Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Jembatan ini hancur dihantam banjir bandang senin lalu. untuk sementara, jalur alternatif dialihkan ke jalur malalak menuju kota Bukittinggi.

“Banjir bandang ini merusak lima jembatan di Kabupaten Padang Pariaman. jumlah kerugian jembatan nasional, provinsi dan kabupaten ini mencapi puluhan miliar rupiah,” ujar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukni.(red)