Menlu Ingatkan Pelajar Sumatra Barat

556

HORASNEWS.COM-Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pelajar Sumatera Barat harus aktif dalam Diplomasi, dan menjadi bagian dari Solusi dari tantangan yang dihadapi Indonesia dan Dunia.

“Sumatera Barat adalah tempat asal dari sejumlah legenda Diplomasi Indonesia seperti Muhammad Hatta dan Sultan Syahrir,” ujar Retno, di hadapan sekitar 1.000 mahasiswa pada Talkshow  di Convention Hall Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar, (2/2/2019).

Talkshow Menlu RI di Universitas Andalas merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Diplofest” atau Diplomacy Festival yang diadakan Kementerian Luar Negeri di Padang pada 1-2 Februari 2019.

Menlu Retno juga mengingatkan bahwa Indonesia, terutama generasi muda tidak boleh “take peace for granted”.

“Di Indonesia kita bisa hidup, keluar rumah tanpa rasa takut. Hal itu hanya bisa kita alami karena kondisi Indonesia yang relatif damai. Itu yang harus kita ingat. Jaga negara kita, jangan sampai ada konflik di Indonesia. Hormati perbedaan. Be part of the solution, not the problem. Jangan lupa berbuat baik bagi Indonesia,” kata Menlu Retno.

Menlu Retno mengungkapkan upaya-upaya Indonesia dalam turut menjaga perdamaian dunia, termasuk di Indian Ocean Rim Association (IORA),

Palestina, Afghanistan dan Rakhine State.

Diplomasi yang aktif, bersahabat, bermartabat dan dapat berkontribusi pada perdamaian Indonesia adalah ciri diplomasi ala Indonesia.

Dalam kerja sama IORA, Menlu menegaskan bahwa Padang harus terus melanjutkan perannya, karena lokasi Padang yang berhadapan dengan Samudra Hindia.

Pada tahun 2017, setelah 20 tahun, Indonesia menyelenggarakam KTT IORA untuk pertama kali. IORA merupakan salah satu upaya dalam mengimplementasikan agenda maritime fulcrum sebagai upaya untuk kembali membangkitkan budaya bahari. (red)