Menempuh 197 Km, Peserta Fun Bike Tour De Malindo Akhirnya Tiba Di Garis Finish

6

HORASNEWS.COM-Peserta Fun Bike Tour De Malindo Akhirnya Tiba Di Garis Finish setelah mengayuh sepeda sejauh 197 km. Ke-300 peserta dari perwakilan Indonesia dan Malaysia itu mencapai garis finish di Halaman Singkawang Grand Mall dan Hotel, Kalimantan Barat, pada Minggu (25/08/2019).

Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara, Ditjen Administrasi Kewilayahan, Kemendagri, Thomas Umbu Pati mengatakan, melalui kegiatan olahraga  Fun Tour De Malindo, persaudaraan kedua negara dapat menghasilkan multiplayer effect.

“Kegiatan olahraga ini perlu dikembangkan dan menjadi agenda tahunan, karena selain mempererat persaudaraan kedua negara juga mendatangkan multiplayer effect, terutama dari sisi ekonomi,” kata Thomas.

Ia menambahkan, kegiatan bersama antara kedua negara harus dipertahankan sebagai cerminan kerukunan keduanya.

“Karena ini Fun Bike, maka harus fun (menyenangkan), ini cerminan bahwa kita ini bangsa yang rukun, oleh karenanya harus dipertahankan sebagai citra kita bersama,” ungkapnya.

Yefrizal, peserta asal Pontianak, Kalimantan Barat mengaku senang dan berharap kegiatan Fun Bike Tour De Malindo digelar rutin setiap tahunnya.

“Saya senang dan berharap semoga kegiatannya rutin setiap tahun karena acaranya bagus,” kata Yefrizal.

Senada dengan Yefrizal, peserta asal Malaysia, Yuyu mengaku medan yang berliku dan menanjak bukit menjadi salah satu tantangan yang harus ia lalui. Kendati demikian, ia mengaku merasa senang bisa bersepeda bersama warga Indonesia.

“Saya kesulitan melewati bukit yang menanjak dekat Aruk, tapi selepas itu lancar sampai finish,” ungkapnya.

Para peserta yang berjumlah sekitar 300 orang terdiri dari warga Indonesia dan warga negara Malaysia. Dalam Fun Bike Tour De Malindo ini, mereka mengayuh sepeda dan melintasi 2 (dua) etape. Etape yang pertama, yakni dari Lundu, Negeri Serawak, Malaysia menuju Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia sejauh 117 KM pada hari Sabtu (24/08/2019). Kemudian dari Sambas para peserta kembali meneruskan perjalanan  dan finish di halaman Singkawang Grand Mall & Hotel, Kalimantan Barat sejauh 80 KM. Dengan demikian, mereka telah mengayuh sepeda sejauh 197 KM.

Di garis finish, mereka disambut langsung oleh Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara, Ditjen Administrasi Kewilayahan, Kemendagri, Thomas Umbu Pati, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Natalia Karyawatie , Forkopimda Kalimantan Barat dan Singkawang, serta sejumlah pejabat terkait.

Puspen Kemendagri