Menag: Sampaikan Dakwah atas Dasar Cinta

11

HORASNEWS.COM-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak pemuka agama untuk menyampaikan dakwah atas dasar cinta dan kedamaian. Hal ini bertujuan untuk membumikan atau mengejawantahkan esensi nilai-nilai agama.

Ajakan ini disampaikan Menag saat membuka Hari Pentakosta Nasional di Manado, Sulawesi Utara. “Mari kita isi syiar keagamaan kita dengan lebih mengolah rasa. Mari kita banjiri dunia dakwah kita dengan contoh bukti nyata dan teladan baik,” ajak Menag, Selasa (11/06).

Hal ini menurut Menag sejalan dengan moderasi beragama yang dalam tiga tahun terakhir terus didengungkan oleh Kementerian Agama. Hal ini yang menurutnya harus senantiasa disuarakan ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia.

“Moderasi beragama saat ini tidak hanya diperlukan dalam konteks Indonesia, melainkan juga konteks global,” kata Menag.

Ini yang kemudian mendorong Kementerian Agama untuk mengajukan pengarusutamaan moderasi beragama dalam RPJMN 2020-2024.

Selama ini menurut Menag, atas dasar cinta dan kedamaian pemuka agama mampu berada di garda terdepan saat bangsa Indonesia menghadapi penjajahan dan  ketidakadilan.

Peran ini yang menurut Menag harus selalu disadari oleh pemuka agama. Ia menambahkan masyarakat Indonesia tak menyangkal peran pemuka agama yang sangat signifikan dalam tumbuh kembangnya kehidupan keagamaan, kebangsaan, dan kemanusiaan di Indonesia.

“Pemuka agama adalah mereka yang tidak saja hatinya bergetar ketika ayat-ayat Tuhan dibaca dan didengar, tapi juga tergelitik saat agama, bangsa, dan kemanusiaan terusik,” ujarnya.

Untuk itu menurutnya perlu upaya serius untuk terus menerus menebarkan ajaran agama yang melindungi dan menjunjung tinggi harkat, derajat, dan martabat manusia, terutama di media sosial.

“Mari kita isi ruang-ruang publik dan media sosial kita dengan hal-hal positif yang penuh hikmah,” ajak Menag. (rel)