Medan Gelar Festival Multietnis Kota Medan 2019

36

HORASNEWS.COM-Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan Kota Medan akan menggelar kegiatan Festival Multi Etnis Kota Medan 2019. Festival Multi Etnis ini akan digelar pada tanggal 30 Agustus – 1 September di halaman Istana Maimun Medan.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Kadis Kebudayaan Kota Medan, Ok Zulfi saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Festival Multi Etnis Kota Medan 2019 di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Medan, Selasa (27/8).

Dikatakan Kadis Kebudayaan Kota Medan, kegiatan Festival Multi Etnis merupakan pagelaran pertunjukan seni dan budaya dari berbagai etnis di Kota Medan. Event ini nantinya akan menampilkan sebanyak 20 etnis yang ada di Kota Medan, selain penampilan seni dan budaya, kegiatan Festival Multi Etnis juga akan menggelar kegiatan Pameran UMKM dan bazar kuliner.

“20 etnis budaya di Kota Medan yang akan ditampilkan yakni, Dairi, Karo, Aceh, Arab, Tapanuli Selatan, Melayu, Tapanuli Tengah, Nias, Asahan, Labura, Serdang Bedagai, Minahasa-Manado, Simalungun, Toba, Minang, Jawa, Philipina, China, India, dan Melayu,” kata Ok Zulfi.

Kemudian, Ok Zulfi membacakan satu persatu-satu uraian tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat dilaksanakan dengan baik serta dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar kegiatan Festival Multi Etnis nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Salah satunya, jelas Ok Zulfi, Dinas Kesehatan agar menempatkan ambulan dan petugas media beserta perlengkapan P3K pada posko kesehatan. “Pastikan ambilan serta perlengkapan P3K ada di posko kesehatan sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat segera diatasi,” jelasnya.

Kemudian, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, ungkap Ok Zulfi, agar menjaga kebersihan di lokasi kegiatan, menugaskan petugas kebersihan untuk siaga di lokasi kegiatan, menempatkan tempat pembuangan sampah sementara, serta mengkoordinasikan jadwal pengangkutan sampah dari tempat pembuangan sampah sementara.

“Pastikan untuk meletakkan tempat sampah di kegiatan tersebut agar tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan serta memastikan petugas kebersihan untuk siaga di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, setelah membacakan semua uraian tugas OPD terkait, Ok Zulfi berharap berharap seluruh OPD terkait dapat menjalankan tupoksinya dengan sebaik mungkin. Karena hal masing-masing OPD memiliki tanggung jawab untuk dapat menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya minta kerja sama kita semua agar dapat bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan tersebut dan dapat berjalan dengan lancar serta menampilkan pertunjukan yang menarik bagi masyarakat,” harapnya

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan