Maryadi: Pemerintah Pusat Sangat Perhatian Terhadap Sumbar

106

HORASNEWS.COM-Pemerintah pusat telah banyak membangun irigasi dan prasarana aliran sungai untuk menunjang ketahanan pangan di Sumbar. Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maryadi Utama, setiap tahunnya dana pusat yang dikirim ke Sumbar terus meningkat.

Demikian disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra V, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maryadi Utama, di ruang kerjanya, Kamis (27/12/2018) siang.

Menurut Maryadi, bukti keseriusan pemerintah pusat terhadap Sumatra Barat, khususnya menunjang ketahanan pangan telah membangun sejumlah irigasi dan infrastruktur. “Empat tahun terakhir ini pembangunan Sumber Daya Air (SDA) di Sumbar sangat banyak,” ujarnya.

Misalnya, membuat pengendalian banjir di Batang Bangko di Solok Selatan, pembangunan pengendalian banjir di Batang Agam Kota Payakumbuh, membangun pengendalian banjir di Batang Kuranji dan Air Dingin, Kota Padang.

“Kita juga saluran irigasi di Batang Bayang Kabupaten Pasaman Barat dan Irigasi Sawah Laweh di Pesisir Selatan, Batang Anai di Kabupaten Padang Pariaman dan Batang Sinamar di Kabupaten Tanah Datar,” ujar Maryadi.

Menurut dia, penyerapan dana SDA di Sumbar mengalami kenaikan cukup signifikan dari tahun ke tahun.  Misalnya, dari tahun 2016 anggaran Rp 850 miliar, naik di tahun 2017 menjadi Rp 950 miliar dan tahun 2019 meningkat menjadi  Rp 1,2 trilun.

Di tahun 2019 ke depan, BWS Sumatra V sudah membuat studi kelayakan dan membangun infrastruktur dan prasarana guna menunjang ketahanan pangan di Sumbar. “Target kita mengutamakan ketahanan pangan di Sumbar,” katanya. (red)