Mahasiswa Sumbar Rusak Pasilitas DPRD Sumbar

67

HORASNEWS.COM-Aksi demontrasi mahasiswa Sumatra Barat berakhir dengan kerusuhan. Sejumlah pasilitas di gedung DPRD Sumatra Barat dirusak. Belum ada laporan korban jiwa dan jumlah kerugian akibat pengrusakan ini.

Aksi mahasiswa Sumatra Barat ini terjadi di gedung DPRD Sumatra Barat di jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, Rabu (25/09/2019) sore.

Setelah berhasil menerobos ke dalam gedung, para mahasiswa menghancurkan meja dan beberapa pasilitas di gedung dewan. Foto Presiden Joko Widodo dilempari dan diturunkan mahasiswa.

Ribuan mahasiswa menguasai gedung DPRD Sumbar. Mahasiswa diperkirakan lebih banyak dari aparat keamanan. Mahasiswa ini datang dari beberapa perguruan tinggi di Sumatra Barat.

Belum ada laporan korban jiwa dan jumlah kerugian akibat pengrusakan ini. Banyak kursi dewan patah dan kaca pecah. Selain merusak, mahasiswa juga mencoret-coret dinding gedung dewan.

Aksi ribuan mahasiswa ini wujud menolak sejumlah rancangan undang-undang yang akan disahkan DPR RI. Diantaranya, menolak revisi RUU KPK, RUU KUHP, RUU Minerba, RUU Pertanahan dan meminta Presiden mengeluarkan Perpu KPK dan mengadili pelaku pembakaran hutan.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar mengutuk tindakan anarkis mahasiswa sehingga merusak pasilitas dewan. Bukan saja pengrusakan, mahasiswa juga diduga melakukan penjarahan di beberapa fraksi di dewan.

Pihak DPRD Sumbar akan melaporkan kejadian ini ke polisi. (red)