Luar Biasa, Animo Masyarakat di Etape ke III Tour de Singkarak 2019

10

HORASNEWS.COM- Iven sport tourism Tour de Singkarak, memasuki hari ketiga. Sebanyak 94 pebalap dari 18 tim, sejak bendera start dikibarkan dikawasan objek wisata geopark Lembah Harau, para pebalap saling berpacu untuk memimpin barisan diposisi depan.

Pebalap atas nama Ismael Grospe .Jr dari Go For Gold Philippines, berhasil menorehkan prestasi pada etape ke III iven sport tourism Tour de Singkarak 2019, Senin 4 November 2019.

Grospe berhasil finish terdepan dengan torehan waktu 3 jam 16 menit 14 detik disusul peringkat kedua, pebalap asal Indonesia bernama Suryadi Bambang dari PGN Road Cycling Team dengan catatan waktu yang sama dan, Kurniawan dari Banyuwangi Road Cycling Community diurutan ketiga dengan selisih waktu 4 detik. Sementara, juara dua kali etape sebelumnya atas nama Jesse Ewart hanya mampu finish diurutan ke 26.

Meski pada etape ke III ini, memiliki rute yang lebih panjang yakni 129.9 kilometer dengan karakteristik medan lintasan yang semakin berat. Namun, animo masyarakat di Limapuluh Kota, sangat luar biasa.

Sepanjang lintasan yang dilalui para pebalap, berjejer masyarakat, termasuk anak-anak sekolah. Mereka berteriak memberikan semangat kepada pebalap yang melintas. Bahkan, mereka sesekali melambaikan tangan ketika rombongan Marshal yang membawa awak media juga melintas.

Tentu saja, banyak hadirnya masyarakat Ranah Minang dipinggiran lintasan TdS 2019 ini, menambah nilai lebih. Federasi Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale/UCI), saat ini tengah menghitum jumlah penonton pada iven TdS yang kali ini merupakan tahun yang kesebelas diselenggarakan.

Hingga kini, berdasarkan rilis UCI, jumlah penonton iven Tour de Singkarak menempati peringkat Lima dunia. Ikut sertanya provinsi jambi pada perhelatan terbesar Tour de di Indonesia ini, diharapkan mampu menaikkan peringkat jumlah penonton Tour de di dunia.

Diketahui, Pebalap atas nama Ismael Grospe. Jr, berhasil menorehkan prestasi pada etape ke III iven sport tourism Tour de Singkarak 2019. Grospe, berhasil finish terdepan dengan torehan waktu 3 jam 16 menit 14 detik disusul peringkat kedua, pebalap asal Indonesia bernama Suryadi Bambang dari PGN Road Cycling Team dengan catatan waktu yang sama dan, Kurniawan dari Banyuwangi Road Cycling Community diurutan ketiga dengan selisih waktu 4 detik.

Selain finish tercepat, Grospe sekaligus mematahkan rekor Jesse Ewart, pebalap Australia dari Team Sapura Cycling yang mampu menyabet gelar juara berturut-turut di Dua etape sebelumnya. Pada etape yang mengambil rute Kabupaten Limapuluh Kota – Kota Padang Panjang ini, Jesse Ewart tumbang. Ia hanya mampu finish pada urutan ke 26 dengan catatan waktu 3 jam 16 menit 56 detik. (Tim Media TdS 2019)