Lima Tahun Jokowi Membangun dari Pinggiran, Komitmennya Tak Diragukan

10

HORASNEWS.COM-Janji yang betul-betul saya ingat dari kampanye Jokowi-JK adalah membangun dari pinggiran. Selama lima tahun Jokowi-JK mengurus negeri ini, rasanya janji tersebut telah benar-benar dilakukan. Tentu saja ada kurang di sana-sini, tapi membangun dari pinggiran itu benar-benar terasa.

Yang paling mudah adalah melihat bagaimana perbatasan Indonesia bertransformasi dari daerah pinggiran menjadi daerah terdepan. Setidaknya ada 7 pos lintas batas Indonesia yang dibangun menjadi pintu masuk ke Indonesia yang megah, yang menjadi representasi Indonesia maju.

Ketimpangan ekonomi antara pusat dengan pinggiran yang selama ini menjadi persoalan utama bangsa Indonesia perlahan dikikis lewat dana desa dan dana transfer ke daerah yang terus meningkat. Desa-desa yang selama ini dipandang sebelah mata bisa bangkit dan menjadi motor perekonomian Indonesia dengan mengelola dana desa untuk mengembangkan BUMDes dan memperbaiki infrastruktur masyarakat desa.

Pembangunan di wilayah timur Indonesia juga digenjot. Kemiskinan di Papua telah turun 2,62% dari tahun 2014 ke tahun 2019, sementara di Papua Barat bahkan telah turun 4,47%. Untuk wilayah Papua, Papua Barat, serta wilayah timur Indonesia yang lain, pemerintah tidak hanya membangun secara fisik, tetapi juga memperhatikan SDM di sana.

Pemerataan kualitas SDM di Indonesia jadi fokus penting. Pemerintah telah memberikan beasiswa afirmasi untuk SDM di wilayah 3T, terutama masyarakat Papua. Pemerintah juga memberi kuota khusus CPNS untuk masyarakat Papua.

Masih banyak kebijakan pemerintah Jokowi-JK yang berorientasi pada pembangunan dari pinggiran dan pemerataan ekonomi, seperti elektrifikasi hingga 98,9%, BBM satu harga di 170 titik, hingga membuka keterisolasian dengan 39 rute penerbangan di daerah terpencil. Semua itu jadi bukti bagaimana komitmen Jokowi-JK untuk membangun seluruh Indonesia yang maju, adil, dan makmur tidak perlu kita ragukan lagi.

#5TahunBer5ama
#Teru5bekerja
#DemiKemajuanBang5a