Lagi, Kejati Sumbar Tangkap Buronan Korupsi

273
Budi Sansosi (Pakai Peci)

HORASNEWS.COM- Lagi, Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat berhasil menangkap satu buronan dalam kasus korupsi. Kali ini, mantan bendahara Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatra Barat, Budi Sansoso.

Menurut Asisten Tindah Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumbar Muhammad Fatria, Budi Santoso (46 tahun) di bekuk di Sleman, Yogyakarta, pukul 18.00 Wib, Jumat (22/11/2019). Dia buronan sejak September 2019.

“Mantan bendahara Keuangan Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat ini ditangkap di daerah Sleman, Yogyakarta pada Jumat (22/11) sekitar pukul 18.00 WIB,” kata M Fatria, di Padang, Sabtu (23/11/2019).

Dia ditangkap di sebuah rumah tanpa perlawanan. Setelah ditangkap, Budi santoso diterbangkan ke Padang pada Sabtu (23/11) sore untuk menjalani masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang.

Kasus yang menjerat terpidana itu adalah korupsi keuangan Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, tahun anggaran 2015 dan 2016.

Dengan posisinya selaku bendahara nagari ia telah merugikan negara sebesar Rp162,1 juta.

Budi santoso dinyatakan bersalah dan dijatuhkan hukuman penjara selama empat tahun, dan denda sebesar Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

Sebelumnya, Kejati menangkap pejabat Pemkot Padang karena korupsi. (red)