Krisis Air Bersih Masih Terjadi di Lubuk Kilangan, Kota Padang

14

HORASNEWS.COM-Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatra Barat, masih alami krisi air bersih. BPBD Kota Padang masih terus menyuplai air bersih minimal 30 ribu liter per hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Polda Sumatra Barat masih mendroping air bersih untuk warga di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumbar, Minggu (25/8/2019).

Ada empat kelurahan di kecamatan ini mengalami krisis air bersih karena musim kemarau. Sumur resapan warga mengering karena tidak kunjung hujan turun. Masing-masing, Kelurahan Batu Gadang, Kelurahan Tarantang, Kelurahan Baringin dan Kelurahan Padang Besi. Kekeringan ini sudah dialami warga sebulan terakhir.

BPBD, PMI dan Polda Sumbar menyumpalai air bersih dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang rata-rata 30 ribu liter per hari. Jumlah itu masih dinilai warga kurang, karena semakin panjangnya masa kekeringan saat ini.

Menurut Kepala Seksi Operasi BPBD Kota Padang, Sutan Hendra, meski hujan turun Sabtu malam tetapi belum bisa memasok ke sumur warga karena debit hujan sangat minim.

Pihak masih terus menyuplai air bersih hingga sumur-sumur warga di daerah ini bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga. (red)