KPU Sumbar Terima Surat Suara Pilpres dan Pileg 2019

41

HORASNEWS.COM-Baru 17 dari 19 kabupaten dan kota di Sumatra Barat sudah menerima surat suara pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan legislatif, tanggal 17 april 2019. Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan,  ada dua daerah belum menerima,  Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh.

KPU Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, menerima satu truk surat suara pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan legislatif, Sabtu (16/2/2019).

Surat suara ini didatangkan dari Ciamis, Kota Bogor, Jawa Barat ini, dikawal ketat aparat kepolisian dan seluruhnya masih dalam bersegel. Tidak tunggu lama-lama, surat suara ini langsung diturunkan dan disimpan dalam gudang Komisi Pemilihan Umum Dharmasraya.

Anggota KPU melibatkan badan pengawas pemilu , kepolisian dan tni angkatan darat menyaksikan pembongkaran logistik surat suara ini agar tidak ada kecurigaan terhadap penyelenggara pemilu.

Menurut Ketua KPU Dharmasraya, Maradis, pengiriman surat suara berjumlah 146.786 lembar,  yang terdiri,  surat suara presiden, DPD, DPR, DPRD Propinsi Sumatera Barat dan DPRD Kabupaten Dharmasraya.  Pihaknya belum mengetahui apakah ada surat suara rusak karena belum dilakukan pelipatan.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, hingga saat ini baru tujuh belas dari sembilan belas kabupaten dan kota menerima surat suara. sedangkan kota payakumbuh dan kabupaten lima puluh kota belum menerima surat suara karena pihak percetakan belum mengirimkannya.

KPU kabupaten dan kota yang menerima surat suara itu belum seluruhnya mencukupi sesuai dengan kontak kpu dengan pihak percetakan. diantaranya, pihak pecetakan memenuhi cetak surat suara sesuai dengan daftar tetap pemilih (DPT) dan kelebihannya dua persen dari masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) sebagai cadangan.

Surat suara yang diterima KPU kabupaten dan kota tesebut belum dilakukan pelipatan karena menunggu intruksi dari KPU pusat soal nilai pelipatan dan jumlah anggaran yang diterima masing-masing kabupaten dan kota. (red)