KPU Sumbar Ekspose dan tanda tangan Perjanjian Kinerja 2019

8

HORASNEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat hari ini selasa 4/2-2019, melaksanakan ekspose dan penanda tanganan Perjanjian Kinerja KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Barat bertempat di aula kantor KPU Provinsi Sumatera Barat Jl. Pramuka No 9 Padang.

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat Amnasmen, dan Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat Nova Indra dan Gebril Daulay, Sekretaris Firman, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian serta seluruh Staf Sekretariat KPU Provinsi Sumatera Barat.

Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat Amnasmen dalam sambutanya menyampaikan bahwa Perjanjian Kinerja adalah lembar/dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja.

Melalui Perjanjian Kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumberdaya yang tersedia. Perjanjian Kinerja yang ditanda tangani hari ini, merupakan wujud komitmen anggota KPU Provinsi Sumatera Barat beserta sekretariat KPU Provinsi Sumatera Barat dalam mencapai indikator kinerja tahun 2019 juga dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.

Anggota KPU Sumbar Nova Indra dalam ekspose Perjanjian Kinerja KPU Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 menyampaikan bahwa Kelembagaan KPU adalah hirarkis dari KPU RI, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dan bersifat KPU bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri. Perjanjian Kinerja adalah wujud komitmen KPU secara kelembagaan untuk mewujudkan kinerja kepemiluan yang akuntabel. Nova Indra juga menjelaskan materi ekspose perjanjian Kinerja KPU Provinsi Sumatera Barat, sebagai berikut;

Perjanjian Kinerja ini didasarkan atas:

Perpres Nomor 29 Tahun 2014 Tentang Tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Permenpan-RB Nomor 53 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Reviu atas Laporan Kinerja. Surat Keputusan KPU Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja dan Pelaporan Kinerja di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum

Di tahun 2019, KPU Provinsi Sumatera Barat menetapkan Perjanjian Kinerja yang terdiri dari 3 (tiga) Sasaran Strategis yaitu:

pertama, meningkatnya penyelenggaraan pemilu/pemilihan yang demokratis dengan 5 (lima) indicator Kinerja, dan menjadi fokus KPU Provinsi Sumatera Barat di tahun 2019 ini adalah:

  1. Persentase KPU/KPU Provinsi/KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilu/Pemilihan sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku dengan target 100%
  2. Persentase Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2019 dengan target 77,5%.
  3. Persentase Partisipasi Pemilih Perempuan dengan target 75 %.
  4. Persentase Partisipasi Pemilih Disabilitas dengan target 75%.
  5. Persentase Pemilih yang berhak memilih tetapi tidak masuk dalam daftar pemilih dengan target 0,2 %

Kedua, terlaksananya pemilu yang aman, damai, jujur dan adil dengan fokus indicator kinerja adalah;

  1. Persentase KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/ Kota yang melaksanakan Pemilu/ Pemilihan tanpa konflik dengan target 95%
  2. Persentase Penyelenggara Pemilu/Pemilihan yang terbukti melakukan Pelanggaran Pemilu/Pemilihan dengan target 3%
  3. Persentase Sengketa Hukum yang Dimenangkan KPU Provinsi Sumatera Barat dengan target 87%

Ketiga, meningkatnya kapasitas lembaga penyelenggara pemilu, dengan target indikator kinerja adalan Nilai B.

Penganggaran

Untuk mencapai target kinerja tersebut, KPU Provinsi Sumatera Barat akan bekerja merealisasikan 2 (dua) program yang telah dituangkan kedalam Rencana Kerja Anggaran Kementrian Lembaga (RKA-KL) Tahun Anggaran 2019, yaitu:

Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan tugas teknis lainnya KPU dengan Jumlah Anggaran sebesar Rp. 12.537.035.000
Penguatan Kelembagaan Demokrasi dan Perbaikan Proses Politik dengan Jumlah Anggaran sebesar Rp. 18.458.214.000
Total anggaran untuk membiayai kedua program tersebut yang terinci kedalam 52 output kegiatan adalah sebesar Rp. 30.995.249.000

Perjanjian Kinerja ini akan kita tanda tangani bersama sekretariat KPU Provinsi Sumatera Barat. Dengan penandatanganan ini kita semua berjanji, berkomitmen untuk mewujudkan target kinerja di tahun 2019. Kita harus bertanggungjawab terhadap keberhasilan maupun kegagalan dari capaian kinerja kita di tahun 2019 ini. (#prodata/rel)