KPU RI Pantau Pendaftaran Pilkada di Sumbar

13

HORASNEWS.COM-Sampai hari ke-3, Selasa (18/2/20202) pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar dari jalur perseorangan masih sepi.

Pasangam perseorangan yang sudah memberitahu pada KPU untuk mengantarkan berkas pemdaftaran baru Fakhrizal-Genius Umar, pada Kamis (19/2/2020) mendatang.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani atau kerap dipanggil Adiak mengatakan, pasangan calon lainnya sampai saat ini belum nampak meng-unggah KTP-e pada silon.

“Sampai saat ini, baru satu pasangan calon yang termonitor mengunggah dukungan kesilon, sementara pasangan lain belum tampak, dan pasangan calon tersebut sudah menghubungi helpdesk KPU Sumbar akan menyerahkan dukungan dan pendaftaran pada hari Rabu besok,” jelas Adiak.

Pendaftaran calon perseorangan tersebut juga dimonitor langsung KPU-RI dengan mengirim Kepala Biro Hukum (Karo) Sigit Djoyo Wardhono.SH, untuk melihat sejauh mana kesiapan KPU Sumbar dalam menerima pendaftaran calon perseorangan maupun parpol.

Sigit menilai, KPU Sumbar sudah siap untuk melakukan semua tahapan, termasuk dalam menerima pendaftaran, namun perlu lebih wasapada, agar bisa mengantisipasi kemungkinan lain jika paslon perseorangan diantar banyak pendukung, karena kapasitas ruangan terbatas.

“Saya melihat KPU Sumbar sudah siap dengan semuanya, baik ruangan, kelengkapan dan personil, untuk menerima pendaftaran calon perseorangan, yang nantinya akan membawa banyak dokumen,” terang Sigit.

Ditambahkannya, kesiapan tersebut tampak dengan pro-aktif-nya kimisioner serta jajaran sekretariat dilokasi penerima pendaftaran, yang juga dihadiri Bawaslu Sumbar.

“Pro aktif komisioner dalam menerima dan memonitoring pendaftaran, merupakan kunci sukses tahapan pendaftaran tersebut,” tukuk Sigit.

Sekaitan dengan hal tersebut, ketua KPU Sumbar Amnasmen yang didampingi komisioner lain seperti Gebril Daulay, Yanuk Sri Mulyani dan Sekretaris Firman serta beberapa kabag dan kasubag mengatakan, targetnya adalah sukses tahapan termasuk pendaftaran sampai pada penetepan besok.

“Target KPU Sumbar adalah suses semua tahapan, termasuk pendaftaran,pencoblosan, penetapan sampai pelantikan kepala daerah, sehingga perlu kewaspadaan untuk semua tahapan, agar pesta demokrasi ini lebih dinikmati semua pihak,” ulas Amnasmen.

Menurut pantauan, memang semua sudah tampak kesiapannya, baik dari KPU, Bawaslu maupun aparat keamanan serta insan pers yang selama ini berposko di KPU Sumbar.(nov/rel)