KPK Siap Bantu Presiden dalan Penetapan Calon Menteri

6
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Padang, Sumatra Barat, tanggal 18-07-2019 seteleh menajdi nara sumber di Gubernuran Sumbar. (Foto: horasnews.com)

HORASNEWS.COM-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap memberikan masukan dan membantu presiden terpilih tentang latar belakang bakal calon menteri. periode 2019-2024. Namun, sejauh ini KPK belum menerima permintaan dan nama-nama calon menteri dari Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, di aula Kantor Gubernur Sumatra Barat, di Kota Padang, Kamis (18/7/2019) pagi.

Menurut dia, KPK siap membantu sepenuh hati melacak The Record (rejam jejak) calon menteri yang akan diangkat Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Sejauh yang saya pahami belum ada permintaan Jokowi terhadap menteri-menteri yang diangkat. Biasanya ada surat resmi ditujukan ke KPK. KPK siap memberikan masukan,” ujar Saut.

Biasanya, menurut Suat, presiden tanya KPK siapa-siapa yang patut direkomendasikan sesuai dengan keinginan presiden. “Harapan KPK terhadap calon-calon menteri ke depan adalah berintegritas tinggi dan pintar,” katanya.(red)