Ketua LKAAM Sumbar Serukan tidak Golput di Pilpres 2019

36

HORASNEWS.COM-Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, Muhammad Sayuti Datuak Rajo Pangulu mengajak warga Sumbar untuk tidak golput. Menurut dia, orang yang tidak memilih Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 17 April 2019 adalah sikap tidak baik.

“Sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa orang yang golput atau tidak memilih (terdaftar sebagai pemilih) adalah perbuatan haram,”.

Demikian disampaikan Ketua LKAAM Sumbar M Sayuti Datuak Rajo Penghulu kepada wartawan, di Kantornya Jalan Diponegoro, Kota Padang, Sumbar, Senin (01/04/2019) sore.

Penegasan itu sekaitan kekhawatiran terhadap minimnya partisipasi pemilih untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, pada Pemilu 17 April 2019. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ini bersamaan dengan Pemilu DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Saya mengajak masyarakat Sumatra Barat untuk berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencoblos pilihan masing-masing,” harapnya.

Menurut dia, soal perbedaan pilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah hal yang wajar dalam demokrasi. Jokowi dan Prabowo adalah putra bangsa yang mencalonkan diri. “Siapapun yang terpilih tetap menjadi presiden kita,” katanya. (red)