Kerja Sama Kemitraan Perusahaan Farmasi dengan 4 Mitra Lokal Kamboja

24
Dubes RI Jadi Saksi Penandatangan Kerja Sama Kemitraan Kalbe dengan 4 Mitra Lokal di Kamboja-utama

HORASNEWS.COM-“Saya menyambut baik perluasan bisnis Kalbe di Kamboja sebagai salah satu perwujudan konkrit kontribusi sektor swasta bagi peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara,” ucap Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng pada saat menjadi saksi Penandatanganan Kerja Sama Kemitraan Kalbe dengan 4 Mitra Lokal di Kamboja (28/12).

Dubes Sudirman juga memberikan apresiasi tinggi atas kerja sama dan kontribusi Kalbe dengan mitranya selama ini bersama-sama dengan KBRI Phnom Penh mempromosikan produk Indonesia di Kamboja.

Kalbe International melakukan Upacara Penandatanganan 3 perjanjian perpanjangan kerja sama dengan mitranya antara lain DKSH Cambodia, Intermedica CO. LTD. dan Alliance Pharma serta 1 perjanjian baru dengan Yul Diversity Cambodia untuk eksklusif pemasaran produk diabetasol di Kamboja.

Oktavianus selaku Country Manager Kalbe Internasional di Kamboja menyampaikan bahwa perpanjangan dan perjanjian dengan mitra baru di kamboja merupakan wujud nyata komitmen investasi Kalbe di kamboja di bidang farmasi dan health care.

Kalbe mulai mengembangkan bisnisnya di kamboja untuk produk ethical, otc, nutrisi dan consumer good sejak 2004. Kurang lebih saat ini terdapat 50 brand produk Kalbe yg telah memasuki pasar Kamboja dengan perkiraan total penjualan di Kamboja tahun 2018 mencapai sekitar USD 6 juta.

Kamboja sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang mencapai rata-rata 7% selama dekade terakhir merupakan pasar potensial bagi produk ekspor Indonesia khususnya di sektor farmasi.

Tercatat terdapat lebih dari 5 perusahaan farmasi Indonesia telah memasuki pasar Kamboja dengan berbagai produknya. Masyarakat kamboja juga sudah mulai terbiasa menggunakan produk-produk Indonesia yang dianggap memiliki kualitas baik dengan harga yang terjangkau. (KBRI Phnom Penh)