Kampanye Pemilu 2019 Masih Ditemukan Perlanggaran

9

HORASNEWS.COM-Pelaksanaan kampanye di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 masih diwarnai pelanggaran dan kesalahan. Mulai dari pemasangan alat peraga hingga kampanye di media massa.

Demikian terungkap dalam Foccus Group Discussion (FGD) Pelaksanan Fasilitas Kampanya Pemilu 2019, di Hotel Pangeran Bech, Kamis (22/8/2019).

Hadir narasumber diantaranya, anggota KPU Sumbar Gebril Daulay, anggota Bawaslu Sumbar Vifner, Ketua KPI Sumbar Afriyendi dan Eka Vidya Putra dari Univesitas Negeri Padang (UNP).

Eka Vidya mengingatkan seluruh pihak berkepentingan memperhatikan hal itu secara lebih serius, “Sebetulnya peningkatan kualitas Pemilu sudah terlihat namun kesalahan berulang masih saja terjadi,” kata.

Kesalahan berulang tersebut seperti pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang tidak pada lokasi yang dibolehkan, kampanye yang masih saja diwarnai dengan politik uang serta sederet permasalahan lainnya.

Afriyendi menyoriti beberapa penyiaran di Sumbar masih melanggar aturan kampanye. Ada tiga penyiaran ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumbar berbagai kesalahan.

“Ada jam siar kampanyenya melebihi waktu ditentukan dan ada juga yang belum masa kampanye sudah menyiarkan,” ujar Afriyendi.

Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat GebriL Daulay menerangkan, FGD tersebut digelar sebagai evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu tahun 2019. (red)